Pahami Maksud Uji Emisi, Yuk Jaga Lingkungan Kita dari Pencemaran Udara dari Asap Kendaraan

Pahami Maksud Uji Emisi, Yuk Jaga Lingkungan Kita dari Pencemaran Udara dari Asap Kendaraan

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID -Uji emisi wajib diikuti bagi pemilik kendaraan terutama roda empat diperkotaan besar di Indonesia. 

Uji emisi merupakan upaya Pemerintah untuk menekan tingginya tingkat polusi udara akibat dari gas buang yang dikeluarkan oleh asap kendaraan. 

Melalui uji emisi dapat diketahui, kadar gas buang dari kendaraan tersebut apakah masih dibawah ambang batas atau sudah diatas ambang batas.

Jika emisi atau gas buangnya masih dibawah ambang batas, itu artinya kendaraan tersebut masih aman untuk  dikendarai dan jelas emisinya tidak akan mencemari lingkungan.

BACA JUGA:

Namun akan terjadi sebaliknya jika, emisi atau gas buang sudah berada di atas ambang batas, akan mencemari lingkungan sekitar.

Mungkin akan muncul dibenak kita mengapa emisi atau gas buang dari sebuah kendaraan itu, berbahaya bagi lingkungan hidup.

Jawabannya adalah udara yang tercemar oleh gas buang kendaraan, bisa berakibat buruk bagi seseorang. Akibat polusi atau pencemaran udara dari gas buang tersbut.

Bisa menimbulkan asap dan uap yang berbau dan mengganggu pernafasan, penciuman, penglihatan, badan menjadi lemas, IQ berkurang dan bila dibiarkan terus menerus  akan mengakibatkan kematian massa.

Jauh dari pada itu, dampak buruk dari gas buang adalah dalam jangka waktu panjang. Gas buang yang dari kendaraan-kendaraan bermotor mengandung zat berbahaya yang diberi nama Karbon Monoksida (Co2).

BACA JUGA:

Karbon Monoksida ini juga sudah terlepas ke udara dan bercampur dengan alam sekitar, secara perlahan akan merusak lapisan ozon yang melindungi bumi.

Lapisan pelindung bumi atau dikenal dengan nama lapisan ozon, memiliki fungsi menangkal radiasi atau cahaya Matahari yang masuk menyinari bumi.

Jika lapisan ini terkomtaminasi oleh Karbon Monoksida (Co2) secara berlebihan dan dalam jumlah yang sangat banyak, maka secara perlahan bisa merusak lapisan ozon. Lapisan ozon yang rusak dampaknya buruk sekali, radiasi dari Matahari, menangkalnya jadi tidak maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: