Simak Cara Ini untuk Berantas Jerawat Batu Secara Efektif dan Tanpa Bekas!

Simak Cara Ini untuk Berantas Jerawat Batu Secara Efektif dan Tanpa Bekas!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Benjolan merah pada area wajah sering kali membuat tidak nyaman, apalagi kalau jerawat tersebut merupakan jerawat batu.

Biasanya, jerawat batu sangat sulit untuk disembuhkan. Kalaupun jerawat batu sudah sembuh, terkadang bekas lukanya sulit hilang.

Penyebab jerawat batu adalah karena pori-pori di kulit tersumbat oleh minyak berlebih dan sel kulit mati, sehingga menimbulkan jerawat. Lalu, bakteri dapat masuk ke pori-pori kulit dan terperangkap bersama minyak dan sel kulit mati.

Reaksi kulit tersebut dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan di dalam lapisan tengah kulit (dermis). Alhasil, muncul benjolan merah, bengkak, dan perih yang disebut juga dengan jerawat.

BACA JUGA:

Tak jarang, jenis jerawat ini akan menimbulkan bekas berupa luka parut, kemerahan, bahkan lubang di wajah yang sulit hilang.

Kemunculan jerawat ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, antara lain keseringan memencet jerawat, efek samping obat-obatan, sinar matahari, dan masih banyak lagi.

Penyebab lain dari munculnya jerawat batu bisa bermacam-macam, yakni sebagai berikut.

  • Faktor usia, di mana usia remaja lebih rentan terhadap jerawat batu.
  • Riwayat keluarga yang memiliki jerawat kistik (jerawat batu).
  • Mengalami perubahan hormon selama masa remaja.
  • Mengalami menopause.
  • Sering mengalami stres berlebih.

Jerawat batu dapat diatasi secara alami maupun dibantu dengan perawatan medis, tergantung dari tingkat keparahannya. Nah, berikut ini merupakan rangkaian cara untuk menghilangkan jerawat batu.

  • Cuka Apel

Apabila jerawat batu masih membandel, cobalah untuk menggunakan cuka apel. Sifat antibakteri di dalam cuka apel dipercaya dapat menyembuhkan jerawat secara cepat. Disarankan untuk menggunakan cuka apel sebanyak dua kali sehari. Tapi perlu diingat, hati-hati dalam pemakaian cuka apel ke area wajah karena dapat menyebabkan iritasi. Apabila menimbulkan efek samping, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

BACA JUGA:

Jika dibandingkan dengan sabun tradisional, pembersih nonsabun diketahui lebih aman digunakan oleh orang yang berjerawat sehingga mencegah terjadinya iritasi atau hal-hal lain yang dapat memperparah kondisi jerawat.

 

  • Air Lemon

Di dalam air lemon terdapat kandungan asam sitrat yang bermanfaat sebagai disinfektan (mencegah terjadinya infeksi). Zat ini sekaligus ampuh mengeringkan jerawat. Langkah pertama, siapkan air perasan lemon dan sehelai kapas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: