Nasi Goreng Sosis Asam Manis, Berikut Resep dan Sejarah Nasi Goreng di Indonesia, Mudah Dan Enak!

Nasi Goreng Sosis Asam Manis, Berikut Resep dan Sejarah Nasi Goreng di Indonesia, Mudah Dan Enak!

JAKARTA, RADARPENA.FIN.CO.ID - Nasi Goreng sosis asam manis merupakan salah satu varian nasi goreng yang sangat enak untuk dinikmati sebagai hidangan makan malam keluarga.

Sebagaimana sudah diketahui bersama nasi Goreng sudah menjadi menu yang sangat familiar bagi keluarga Indonesia. Kaum ibu sudah sangat biasa memanfaatkan sisa nasi kemarin untuk di olah lagi menjadi nasi goreng.

Di artikel RadarPena kali ini kita akan membahas nasi goreng Asam Manis yang di campurkan bawang. Dengan isian telor ceplok, sosis sapi, dengan taburan bawang goreng, yummy sekali.

Tapi sebelum berlanjut ke resep-nya, sebenarnya pembaca sudah tahu belum asal muasal nasi goreng di Indonesia?

Asal-Usul Nasi Goreng

Nasi goreng adalah makanan yang berasal dari negeri China dan mendapat banyak modifikasi di Indonesia. Nasi goreng sudah ada sejak dulu bahkan sejak 4000 tahun sebelum Masehi sebagai makanan tradisional masyarakat Tionghoa atau China. 

BACA JUGA:

Pada zaman dulu, masyarakat China tidak suka dengan nasi yang sudah dingin kemudian memasak lagi nasi tersebut menjadi nasi goreng dengan berbagai bumbu dan rempah.

Ternyata nasi goreng sangat enak. Sejak saat itulah, nasi goreng menjadi makanan yang begitu digemari. Selain rasanya yang enak, nasi goreng juga digemari karena nasi goreng membuat masyarakat mengurangi pemborosan beras karena nasi goreng terbuat dari nasi dingin atau bahkan nasi sisa.

Penyebaran Nasi Goreng

Masyarakat China yang merantau ke berbagai negara lain di dunia akhirnya memperkenalkan nasi goreng ke daerah baru mereka.

Masyarakat China yang menetap di beberapa negara lain di dunia juga mencoba membuat nasi goreng dengan bumbu yang tersedia di daerah yang mereka tempati. 

Dari sinilah tercipta beragam nasi goreng dengan cita rasa unik dan menyesuaikan lidah masing-masing daerah termasuk menyesuaikan lidah orang di Indonesia. Di Indonesia, nasi goreng memiliki banyak jenis. Hampir setiap daerah memiliki nasi goreng khas masing-masing. 

Nah dari banyaknya variasi nasi goreng di Indonesia,salah satunya adalah Nasi Goreng Sosis Asam Manis, yang sangat mudah membuatnya dan di jamin enak. Berikut resep dan cara mengolahnya :

Resep Nasi Goreng Sosis Asam Manis

Bahan :

  • 750 gram nasi putih dingin
  • 4 buah sosis sapi, goreng sebentar, potong-potong
  • 2 butir telur, dikocok lepas
  • 1 sdm minyak goreng
  • 4 sdt garam
  • 2 sdm saus tomat

Bumbu :

  • 12 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 3 buah cabai rawit, iris tipis

Pelengkap :

  • Telur ceplok

Cara Membuat Nasi Goreng Sosis Asam Manis :

  1. Panaskan minyak. Tumis bawang merah, daun bawang, dan cabai rawit sampai harum. Sisihkan bumbu di pinggir wajan. Masukkan telur. Aduk sampai berbutir kasar.
  2. Masukkan nasi. Tambahkan garam. Aduk rata sampai matang. Sesaat sebelum diangkat, masukkan sosis, tambahkan saus tomat.
  3. Sajikan selagi hangat.

Nikmati nasi Goreng Sosis Asam Manis ini panas-panas dan bisa juga di tambahkan toping berupa kerupuk udang atau emping, dijamin nambah !

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: