Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2023 Lengkap dengan 5 Keutamaan dan Jadwal Pelaksanaannya

Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2023 Lengkap dengan 5 Keutamaan dan Jadwal Pelaksanaannya

Artinya: "Saya niat puasa Ayyamul Bidh, sunnah karena Allah ta'ala."

BACA JUGA:

Setelah membaca niat ini, umat muslim dapat mulai melaksanakan puasa Ayyamul Bidh. Selama puasa, diharapkan umat muslim menahan diri dari makan, minum, dan segala hal yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

 

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Adapun keutamaan melaksanakan puasa Ayyamul Bidh begitu besar. Bagi umat muslim yang melaksanakannya akan mendapatkan kesunnahan berpuasa tiga hari tiap bulan.

Sementara puasa tiga hari ini seperti berpuasa sepanjang tahun seperti pendapat Imam as-Subki dan ulama lainnya yang dikutip Radarpena dari laman NU Online. Berkaitan hal ini diriwayatkan:

   عَنْ أَبِي ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: أَنَّ النَّبِيَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ صَامَ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ثَلَاثَة أَيَّام، فَذَلِكَ صِيَامُ الدَّهْرِ، فَأَنْزَلَ اللهُ تَصْدِيقَ ذَلِكَ فِي كِتَابهِ الْكَرِيم: مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَة فَلهُ عشر أَمْثَالهَا [الأنعام: 160]. اَلْيَوْمُ بِعشْرَةِ أَيَّامٍ (رَوَاهُ ابْن ماجة وَالتِّرْمِذِيّ. وَقَالَ: حسن .وَصَححهُ ابْن حبَان من حَدِيث أبي هُرَيْرَة رَضِيَ اللهُ عَنْه)  

Artinya, “Diriwayatkan dari Abu Dzar ra, sungguh Nabi saw bersabda: ‘Siapa saja yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun. Kemudian Allah menurunkan ayat dalam kitabnya yang mulai karena membenarkan hal tersebut: ‘Siapa saja yang datang dengan kebaikan maka baginya pahala 10 kali lipatnya’[QS al-An’am: 160]. Satu hari sama dengan 10 hari’.” (HR Ibnu Majah dan at-Tirmidzi. Ia berkata: “Hadits ini hasan.” Ibnu Majah juga menilanya sebagai hadits shahih dari jalur riwayat Abu Hurairah ra). (Abu Bakar Ibnus Sayyid Muhamamd Syatha ad-Dimyathi, I’ânatut Thâlibîn, [Beirut, Dârul Fikr], juz II, halaman 269; dan Ibnul Mulaqqin, Tuhfatul Muhtâj ilâ Adillatil Manhâj, [Makkah, Dâru Harrâ’: 1406 H], juz II, h. 109-110).

BACA JUGA:

Selain keutamaan yang besar dari hadits di atas, keutamaan lainnya yang didapat bagi mereka yang melakukan puasa Ayyamul Bidh antara lain: 

1. Mendapatkan pahala seperti puasa wajib

Meskipun puasa Ayyamul Bidh termasuk puasa sunnah, pahalanya dapat sebesar puasa wajib. Sebagaimana yang terdapat dalam sebuah hadits, "Siapa yang berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, maka sama dengan pahala puasa setahun penuh."

2. Menghapuskan dosa-dosa

Puasa Ayyamul Bidh juga dapat dijadikan sebagai upaya untuk menghapuskan dosa-dosa yang pernah dilakukan umat muslim. Hal ini dapat menjadi ladang amal yang sangat baik dan bermanfaat.

3. Meningkatkan kesabaran

Puasa Ayyamul Bidh yang dilakukan tiga hari berturut-turut dapat menambah tingkat kesabaran umat muslim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: