Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2023 Lengkap dengan 5 Keutamaan dan Jadwal Pelaksanaannya

Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2023 Lengkap dengan 5 Keutamaan dan Jadwal Pelaksanaannya

RADARPENA.CO.ID - Puasa adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim. Selain puasa Ramadhan yang harus dilakukan setiap tahunnya, ada juga beberapa puasa sunnah yang sangat dianjurkan, salah satunya adalah puasa Ayyamul Bidh.

Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah yang dilakukan pada 13, 14, dan 15 setiap bulannya dalam kalender Hijriah yang merupakan salah satu wasiat Rasulullah SAW.

Mengutip NU Online, Arti dari Ayyamul Bidh secara bahasa yaitu hari-hari yang cerah. Secara istilah, maksudnya adalah hari yang malam sebelumnya cerah tersinari oleh bulan.

Puasa Ayyamul Bidh ini seringkali dilakukan oleh umat muslim sebagai upaya untuk memperbanyak amal ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Pada bulan Oktober 2023, puasa Ayyamul Bidh jatuh pada 28 Oktober 2023 (13 Rabiul Akhir), 29 Oktober 2023 (14 Rabiul Akhir), dan 30 Oktober 2023 (15 Rabiul Akhir).

BACA JUGA:

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan Ibnu Abbas, hukum puasa Ayyamul Bidh adalah sunnah muakkad, yaitu amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

وَعَنْ قَتَادَةَ بْنِ مِلْحَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُنَا بِصِيَامِ أَيَّامِ الْبِيْضِ: ثَلاثَ عَشْرَةَ ، وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ، وَخَمْسَ عَشْرَةَ. (رواه أَبُو داود)  

Artinya, “Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw telah memerintah kami untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15’.” 

(HR Abu Dawud) (An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, h. 81)

 

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Untuk melaksanakan puasa ini, diperlukan niat yang benar dan sesuai dengan tuntunan agama.

Berikut adalah contoh bacaan niat puasa Ayyamul Bidh:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma Ayyaamal Bidh sunnatan lillaahi Ta'ala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: