Standar ISO Perbankan yang Diterapkan di Indonesia dan Manfaatnya Demi Meningkatkan Kepercayaan Nasabah

Standar ISO Perbankan yang Diterapkan di Indonesia dan Manfaatnya Demi Meningkatkan Kepercayaan Nasabah

RADARPENA.CO.ID - Standar ISO (International Organization for Standardization) adalah sebuah standar internasional yang telah dikenal dan digunakan oleh berbagai perusahaan dan industri di seluruh dunia. 

Standar ini dibuat untuk menetapkan sebuah sistem manajemen kualitas yang dapat diakui secara internasional dan membantu meningkatkan kinerja bisnis serta mengedepankan kepuasan pelanggan. 

Perbankan merupakan salah satu industri yang juga menerapkan standar ISO dalam pengelolaan bisnisnya.

ISO perbankan adalah standar internasional yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja perbankan dan memberikan kepercayaan kepada nasabah melalui pengelolaan risiko yang baik dan penerapan prinsip keamanan informasi. 

Standar ISO memberikan panduan bagi perbankan dalam pengelolaan risiko dan pemenuhan persyaratan peraturan yang ditetapkan oleh otoritas regulasi. 

ISO perbankan sendiri terbagi menjadi beberapa standar, yaitu ISO 31000 (Manajemen Risiko), ISO 22301 (Manajemen Kontinuitas Bisnis), ISO 20022 (Standardisasi Komunikasi Sistem Pembayaran), dan ISO 27001 (Manajemen Keamanan Informasi).

 

BACA JUGA:

 

Suatu perusahaan terutama yang bergerak di bidang perbankan perlu menerapkan jenis-jenis ISO tersebut, ISO 31000, ISO 22301, ISO 20022, dan ISO 27001.

Di Indonesia, Bank Indonesia selaku otoritas regulasi perbankan mewajibkan bank-bank untuk menerapkan Standar ISO perbankan agar dapat memenuhi persyaratan dan peraturan yang ditetapkan. 

Dalam pengelolaan bisnisnya, perbankan harus memperhatikan keamanan informasi, pengelolaan risiko yang baik, dan kontinuitas bisnis. 

Dengan menerapkan Standar ISO perbankan, diharapkan tingkat keamanan dan kinerja perbankan dapat ditingkatkan sehingga akan memberikan kepercayaan kepada nasabah.

 

Manfaat Penerapan Standar ISO Perbankan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: