BNN RI Bersama Gubernur Lampung Deklarasikan Strategi Bersih Narkoba Menuju Indonesia Bersinar

BNN RI Bersama Gubernur Lampung Deklarasikan Strategi Bersih Narkoba Menuju Indonesia Bersinar

RADARPENA.CO.ID - Kepala BNN RI Komjen. Pol. Prof. Dr. Petrus Reinhard Golose, mengunjungi Kota Bandar Lampung dalam agenda dialog kepemudaan nusantara dengan tema Strategi War On Drug Menuju Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba)

Kegiatan yang dihadiri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi digelar di Ball Room Swissbel hotel,  Rabu 18 Oktober 2023.

Dalam pemaparannya Komjen Petrus Reinhard Golose mengatakan Lampung menjadi pintunya gerbang sumatera dan rentan masuknya narkoba dan kejahatan penyelundupan maupun kejahatan lintas nasional.

"Lampung menjadi pintu masuknya narkoba untuk penyebaran di pulau sumatera, sehingga rentan kejahatan penyelundupan, maupun kejahatan besar lain," ujarnya

Dikatakannya hingga saat ini terdapat 817 kawasan yang menjadi titik penyebaran narkoba di wilayah Lampung dan mirisnya banyak kegiatan peredaran narkoba dilakukan dari dalam lapas dan dibantu oknum petugas lapas.

BACA JUGA:

"Kemarin saya mengunjungi lapas kalianda pak gub, di Lampung ini lapas nya 70 persen  diisi narapidana narkoba, ada transaksi unik sawit tukar sabu (sts), dan tidak bisa dipungkiri terdapat petugas lapas yang terlibat dalam peredaran narkoba," ungkapnya

Dia menambahkan Lampung saat ini masuk 5 besar provinsi peredaran narkoba tertinggi di indonesia, tercatat lampung menduduki peringkat ke 3 secara nasional.

Petrus melanjutkan hingga saat ini cukup banyak varian narkoba jenis baru, terhitung sudah ada sebanyak 180 jenis narkoba baru, salah satunya Ganja Sintetis (sinte).

"Varian narkoba terus berkembang dari waktu ke waktu, ada namanya ganja sintetis, dan di kalimantan ada tumbuhan golam yang mengandung zat narkoba, namun sampai saat ini belum ada Undang Undang yang mengatur tumbuhan tersebut".

BNN RI kata dia akan selalu berkomitmen memberantas jaringan narkoba sesuai dengan amanat undang undang yang berlaku, kami sangat menolak jika ada ungkapan untuk melegalisasi narkoba jenis ganja.

BACA JUGA:

"Banyak di media sosial yang mengatakan bahwa ganja baik untuk penyakit epilepsi, saya tekankan bahwa masih banyak obat untuk epilepsi, intinya kami terus berkomitmen memberantas peredaran narkoba.

Sementara Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sambutannya mengapresiasi kunjungan bapak kepala BNN untuk memberikan pembelajaran dalam hal bahaya narkoba, serta mendukung terciptanya lingkungan yang aman dan terbebas dari narkoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: