Kamu Pecinta Kuliner Nusantara? Berikut 9 Rekomendasi Masakan Khas Sunda yang Wajib Kamu Coba!

Kamu Pecinta Kuliner Nusantara? Berikut 9 Rekomendasi Masakan Khas Sunda yang Wajib Kamu Coba!

RADARPENA.CO.ID - Masakan Sunda adalah salah satu kuliner yang sangat terkenal di Indonesia, khususnya di daerah Jawa Barat.

Masakan Sunda memiliki rasa yang khas, beragam, dengan bahan-bahan yang segar dan alami. Keunikan masakan ini tidak hanya terletak pada cita rasanya yang nikmat, tetapi juga pada cara pengolahannya yang mempertahankan kelezatan dan kealamian bahan makanannya.

Di artikel hari ini RadarPena akan membahas beberapa jenis masakan sunda yang bisa dijadikan referensi kulinermu, ikuti artikel berikut.

Makanan Khas Sunda yang Terkenal

1.  Nasi Timbel

Salah satu masakan Sunda yang terkenal adalah nasi timbel. Nasi timbel adalah nasi yang dimasak dengan daun pisang yang dibentuk seperti bungkusan dan dikukus.

BACA JUGA:

Nasi timbel biasanya disajikan dengan berbagai jenis lauk Sunda seperti ayam goreng, ikan bakar, tahu tempe goreng, sayur asem, dan sambal terasi.

Rasa nasi timbel begitu nikmat karena diserap oleh daun pisang yang memancarkan aroma alami ke dalam nasi saat proses pengukusan.

2.  Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom merupakan makanan khas Sunda dengan menyajikan nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar. Nasi tutug oncom ini merupakan masakan khas Tasikmalaya, Jawa Barat.

Nasi tutug oncom dibuat dengan mengaduk dan menumbuk nasi dan oncom. Penyajiannya bersama lauk pendamping, seperti tahu, tempe goreng, ayam goreng, lalapan sayur, dan sambal terasi. Nasi tutug oncom paling enak apabila disajikan dalam keadaan hangat.

BACA JUGA:

3.  Kupat Tahu

Kupat tahu dibuat dengan memadukan lontong atau ketupat dengan bahan pelengkap lain, seperti:

  • Irisan tahu goreng
  • Tauge rebus
  • Bumbu kacang

Untuk membuat kupat tahu, pilih tahu kuning yang agak lembek dan digoreng setengah matang untuk memberikan cita rasa lembut tetapi tetap gurih dan sedap.

4.  Bakakak Hayam

Bakakak hayam adalah menu masakan yang mudah dijumpai di tanah Sunda. Seperti pada namanya "hayam", makanan khas Sunda ini menggunakan bahan utama berupa ayam yang diberikan bumbu khusus dengan rasa kuliner khas Sunda, kemudian dipanggang.

Ayam yang digunakan pada makanan bakakak hayam ini yaitu satu ekor ayam utuh agar bisa disantap untuk beberapa orang sekaligus. Biasanya, orang-orang memakannya dengan sambal merah atau hijau, dilengkapi lalapan sayur.

5.  Pepes Ikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: