Mengenal Sejarah Palestina: Fakta-fakta Mengapa Palestina Terus Dilanda Konflik dengan Israel

Mengenal Sejarah Palestina: Fakta-fakta Mengapa Palestina Terus Dilanda Konflik dengan Israel

Gerakan Zionis, yang bertujuan untuk menciptakan negara Yahudi di Tanah Israel, mendorong migrasi massal Yahudi ke Palestina. 

Peningkatan yang drastis dalam populasi Yahudi menciptakan ketegangan antara kedua komunitas, yang akhirnya memuncak dalam konflik yang berkepanjangan.

 

Fakta-fakta Mengapa Palestina Sering Dilanda Konflik dengan Israel 

Berikut ini adalah 8 fakta mengapa Palestina terus dilanda konflik dengan Israel:

1. Status Yerusalem

Yerusalem adalah salah satu kota yang paling diklaim oleh kedua belah pihak. Israel mengklaimnya sebagai ibu kota negaranya, sementara Palestina juga ingin menjadikannya ibu kota dari negara mereka yang belum diakui.

2. Masalah Pemukiman

Israel telah membangun pemukiman Yahudi di wilayah Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang diduduki sejak 1967, yang dianggap ilegal oleh komunitas internasional. 

Hal ini telah menciptakan konflik dan ketegangan yang terus berlanjut antara penduduk asli Palestina dan pemukim Israel.

BACA JUGA:

3. Status Pengungsi Palestina

Lebih dari 700.000 orang Palestina melarikan diri atau diusir dari rumah mereka selama Perang Arab-Israel pada tahun 1948. 

Mereka dan keturunan mereka yang sekarang diperkirakan berjumlah sekitar lima juta orang, dikenal sebagai pengungsi Palestina. 

Mereka memiliki hak kembali ke rumah mereka, yang menjadi salah satu isu terpenting dalam konflik ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: