Utamakan Juga Daerah 3T, BMKG Jalin Kerjasama Dengan Radio Kembangkan Sistem Peringatan Bencana

Utamakan Juga Daerah 3T, BMKG Jalin Kerjasama Dengan Radio Kembangkan Sistem Peringatan Bencana

RADARPENA.CO.ID - Badan Meteorologi, Kilimatologi dan Geofisika  ( BMKG ) terus mengupayakan untuk memperkuat sistem peringatan akan bencana.

Sistem peringatan tersebut adalah Sistem peringatan dini multibencana.

Tidak hanya sekedar dengan mengupgrade teknologi yang mereka miliki namun juga meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM mereka.

BMKG juga senantiasa membangun dan menguatkan kerjasama dengan media guna percepatan penyebaran informasi peringatan dini kepada masyarakat luas, terutama di daerah 3 T.

Sesuai dengan perundangan yang berlaku, bahwa dalam rantai peringatan dini secara menyeluruh dari ujung ke ujung ( end to end ), informasi dan peringatan dini dari BMKG akan berhenti di Tingkat Provinsi atau Kabupaten, yaitu BPBD atau Badan penanggulangan Bencana Daerah.

Nantinya BPBD akan bertanggung jawab untuk meneruskan ke warga masyarakatnya terutama yang berada di lokasi terdampak.

 

BACA JUGA:

 

Yang menjadi persoalan adalah informasi tersebut dapat terputus dan tidak berhasil tersambung untuk diteruskan kepada masyarakat oleh BPBD ( Pemerintah daerah ) khususnya yang berada di daerah terpencil.

Dalam mengatasi masalah tersebut selain menggencarkan penyebarluasan peringatan dini melalui aplikasi "Info BMKG" yang terdapat pada telepon genggam dan melalui jaringan televisi, BMKG juga menjalin kerjasama dengan Radio republik Indonesia atau RRI.

Harapannya adalah siaran RRI dapat menjadi solusi terputusnya informasi tersebut , sehingga informasi peringatan dini BMKG dapat menembus daerah - daerah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T).

BMKG menggunakan semua kanal untuk mendesiminasikan informasi peringatan dini, dan tidak hanya berfokus pada 1 jenis media.

Dengan begitu, gap antara yang menerima dan tidak menerima informasi dapat semakin ditekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: