Kuyang Misteri dan Mitos di Balik Makhluk Supranatural Kalimantan Dan cara Memancingnya

Kuyang Misteri dan Mitos di Balik Makhluk Supranatural Kalimantan Dan cara Memancingnya

RADARPENA.CO.ID - Hantu Kuyang memiliki makna peringatan, Orang pasti menyebut makhluk astral ini sebagai hantu yang paling populer diantara hantu-hantu yang dikenal masyarakat Kalimantan Timur, seperti Hantu Banyu, Hantu Suluh, Hantu Panjang, Hantu Urang, Pelakian, dll.

Bahkan Hantu Kuyang bisa disebut sebagai ikon Kalimantan Timur Banyak buku, novel, bahkan film layar lebar tentang dunia hantu yang menampilkan Hantu Kuyang sebagai tokoh protagonisnya.

Buku atau film tidak hanya menampilkan penampakan mengerikannya sebagai makhluk penghisap darah, tapi juga sisi romantisnya.

Pidato sehari-hari tentang hantu yang digambarkan sebagai inkarnasi perempuan telah ada selama ratusan tahun dan diturunkan dari generasi ke generasi di masyarakat pedalaman dan pesisir di Kalimantan Timur.

Hantu Kuyang dipercaya merupakan fenomena sosial, Bahkan banyak orang yang mengaku pernah melihat hantu muncul dengan mata telanjang.

BACA JUGA:

Kuyang digambarkan sebagai kepala wanita, dengan rambut panjang tergerai dan usus terbuka,

Lalat yang berisi tetesan darah mencari dan memakan darah orang yang telah melahirkan atau mati kehabisan darah (pembunuhan).

Itu sebabnya Awang Zul yang pernah tinggal di Kutai Barat Malaka mengaku melihat wajah Kuyang melalui teknik memancing.

Almarhum Awang Zul mengatakan, Kuyang akan datang dengan membawa umpan kain yang masih terdapat noda darah bekas melahirkan atau kapalan di telapak kakinya.

“Pada tahun 1960-an, di Malaka masih banyak gubuk-gubuk, Papan lantai kayunya kadang kendor.

Saya dan teman-teman yang masih anak-anak memanfaatkan lantai yang empuk, menggunakan kain yang diberi noda darah anak-anak yang baru saja melahirkan.

atau ada kapalan di kaki kita, Umpan datang untuk memancing kuyang.

"Tak butuh waktu lama, dia meluncur di bawah lampu merah dan menyambar umpan di bawah rumah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: