Jurusan Teknik Otomotif dan Prospek Cerah Peluang Kerjanya!

Jurusan Teknik Otomotif dan Prospek Cerah Peluang Kerjanya!

RADARPENA.CO.ID - Jurusan Teknik Otomotif adalah salah satu jurusan yang menawarkan banyak peluang karier di dunia otomotif. Dalam artikel hari ini, RadarPena akan membahas lebih dalam tentang jurusan ini, apa yang dipelajari, dan mengapa menjadi salah satu pilihan populer di kalangan para calon mahasiswa.

Jurusan Teknik Otomotif adalah jurusan yang mempelajari tentang perancangan, konstruksi, dan perbaikan kendaraan bermotor.

Di dalam jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang teknologi otomotif, sistem kendaraan, dan juga kemampuan praktikal yang diperlukan untuk menjadi seorang mekanik atau insinyur otomotif yang profesional.

Program studi ini biasanya memiliki mata pelajaran yang beragam, mulai dari mekanika kendaraan, sistem penggerak, elektronika otomotif, hingga manajemen dan ekonomi otomotif.

BACA JUGA:

Mahasiswa juga akan dilatih untuk menggunakan peralatan modern dan teknologi terkini yang digunakan dalam industri otomotif.

Peluang Kerja Jurusan Tekhnik Otomotif

Keuntungan memilih jurusan ini adalah peluang kerja yang besar di industri otomotif yang terus berkembang. Otomotif merupakan salah satu industri yang terus tumbuh dan memiliki kebutuhan akan tenaga kerja yang terampil di berbagai bidang seperti perancangan, manufaktur, dan perbaikan kendaraan.

Selain itu, lulusan jurusan Teknik Otomotif juga dapat mengembangkan karier mereka di berbagai bidang terkait, seperti desain kendaraan, penelitian dan pengembangan, konsultasi, dan manajemen. Beberapa lulusan juga memilih untuk membuka bisnis sendiri di bidang perbaikan dan modifikasi kendaraan.

Ilmu yang akan dipelajari di jurusan ini mulai dari pengembangan, perancangan desain dan teknis, perawatan dan produksi, maka peluang kerjanya pun tidak main-main.

BACA JUGA:

Selain terjun langsung mengurus hal-hal teknis, lulusan Teknik Otomotif juga bisa bekerja dengan duduk di belakang komputer dengan menjadi maintenance planner sampai dengan desainer.

Secara umum, prospek kerja lulusan Teknik Otomotif biasanya tidak akan jauh-jauh dari persoalan teknologi dan mesin. Selain pastinya bisa bekerja di bidang industri otomotif, lulusannya juga bisa berkecimpung di dunia penelitian, pendidikan, atau bahkan berwirausaha.

Misalnya, kamu bisa menjadi seorang teknisi di industri otomotif, modifikator dan operator alat berat. Seorang modifikator biasanya akan melakukan kustomisasi dengan pengaturan standar pada kendaraan. Lalu untuk operator alat berat, akan terjun ke lapangan dengan bekerja di daerah tambang.

Di bidang penelitian, lulusan Teknik Otomotif bisa menjadi periset yang meneliti mesin otomotif beserta kelistrikannya. Di bidang pendidikan, lulusan jurusan ini bisa menjadi dosen atau guru SMK, mengingat banyak SMK yang menyediakan jurusan yang berkaitan dengan otomotif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: