Inilah Manfaat Kesehatan Dibalik Kenikmatan Kopi Gula Aren

Inilah Manfaat Kesehatan Dibalik Kenikmatan Kopi Gula Aren

RADARPENA.CO.ID - Dibalik rasanya yang manis, ternyata gula aren juga kaya akan nutrisi. Sehingga dengan meminum kopi gula aren tidak hanya saja nikmat yang didapat, namun juga ada manfaat kesehatan yang didapatkan. 

Kebiasaan ngopi disebut-sebut sebagai salah satu booster untuk menjalani aktivitas harian. Nah, kebanyakan orang cenderung menyukai kopi dengan rasa yang manis. Untuk menyeimbangkan rasa kopi yang pahit dengan manisnya gula, salah satu cara terbaik adalah menggunakan gula aren. 

Selain memang rasanya yang lezat, kopi gula aren juga punya banyak manfaat bagi tubuh. Hal ini karena gula aren mengandung banyak nutrisi, seperti zinc, zat besi, serat, magnesium, lemak, kalium, kalori hingga indeks glikemik.

Tekanan darah atau hipertensi merupakan kondisi berbahaya yang menyerang tanpa adanya gejala. Misalnya, stroke, kerusakan ginjal, dan penyakit jantung.

BACA JUGA:

Untuk menghindari tekanan darah tinggi, disarankan mengonsumsi makanan bergizi seperti gula aren. Gula aren diklaim dapat menurunkan tekanan darah tinggi, namun tak dianjurkan untuk mengonsumsinya terlalu banyak.

Agar lebih jelas, yuk, ulas beberapa manfaat mengonsumsi kopi gula aren berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Manfaat Kopi Gula Aren

 

  • Kendalikan Tekanan Darah Tinggi 

Tekanan darah atau hipertensi merupakan kondisi berbahaya yang menyerang tanpa adanya gejala. Misalnya, stroke, kerusakan ginjal, dan penyakit jantung. Untuk menghindari tekanan darah tinggi, disarankan mengonsumsi makanan bergizi seperti gula aren. Gula aren diklaim dapat menurunkan tekanan darah tinggi, namun tak dianjurkan untuk mengonsumsinya terlalu banyak.

 

  • Menjaga Kadar Gula Darah 

Gula aren merupakan jenis gula yang memiliki indeks glikemil yang terbilang rendah dibandingkan jenis gula lainnya. Saat mengonsumsi gula aren, kadar gula darah tidak akan meningkat dengan cepat. Efek ini baik bagi penderita diabetes yang harus menjaga kadar gula darah tetap stabil namun tak terlalu dianjurkan.

 

  • Pencernaan yang Lebih Baik

Gula aren mengandung serat makanan yang disebut insulin. Studi menunjukkan bahwa serat nabati ini dapat membantu mengendalikan bakteri di usus, meningkatkan pencernaan yang baik, dan meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh.

 

  • Fungsi Sistem Saraf

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: