Nasgor Jadi Ikon Kuliner Nusantara, Inilah 11 Fakta Menarik Nasi Goreng yang Menjadi Favorit Sejuta Umat

Nasgor Jadi Ikon Kuliner Nusantara, Inilah 11 Fakta Menarik Nasi Goreng yang Menjadi Favorit Sejuta Umat

RADARPENA.CO.ID - Nasi goreng atau yang sering disebut nasgor, merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia dan sudah menjadi ikon kuliner Nusantara

Nasi goreng (nasgor) sendiri sebenarnya tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga di negara-negara Asia lainnya seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. 

Namun, banyak fakta menarik yang ada di balik nasgor ini. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang nasi goreng:

1. Nasi goreng berasal dari Cina

Meskipun nasi goreng sering dikaitkan dengan Indonesia, sebenarnya makanan ini sudah ada sejak lama dan dikenal di seluruh Asia. 

Beberapa sumber sejarah bahkan menyebutkan bahwa nasi goreng berasal dari negeri tirai bambu pada abad ke-6.

Nasi goreng pertama kali dibuat di Kota Yangzhou yang terletak di negara Cina yang kala itu terkenal dengan nama Yangzhou fried rice.

BACA JUGA:

Nasi goreng mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia ketika pedagang dari China berkunjung ke Kerajaan Sriwijaya di abad ke-10.

2. Awalnya nasi goreng adalah makanan masyarakat miskin

Meskipun sekarang nasi goreng sudah menjadi makanan yang sangat populer, dulu nasi goreng lebih sering dimakan oleh masyarakat miskin. 

Nasi goreng awalnya dibuat dari nasi yang sudah tidak segar lagi atau nasi yang belum habis dimakan pada hari sebelumnya. 

Kemudian nasi tersebut dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, kecap, dan bumbu rempah lainnya untuk membuatnya lebih lezat.

3. Bumbu-bumbu nasi goreng bervariasi di setiap daerah

Di Indonesia sendiri, ada banyak variasi bumbu yang digunakan untuk membuat nasi goreng. Bumbu-bumbu tersebut bervariasi tergantung dari daerah asal nasi goreng. 

BACA JUGA:

4. Nasi goreng bisa dijadikan lauk

Meskipun nasi goreng biasanya dimakan sebagai makanan utama, di beberapa daerah nasi goreng juga bisa dijadikan sebagai lauk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: