Simak! Cara Dan Manfaat Dari Pengolahan Limbah Rumah Tangga

Simak! Cara Dan Manfaat Dari Pengolahan Limbah Rumah Tangga

Praktik daur ulang sampah dapat membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan. Melalui pendidikan dan informasi tentang daur ulang, kita dapat membangun kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dan peran individu dalam menjaga lingkungan.

Cara Pengolahan Limbah Rumah Tangga

  • Memisahkan Sampah Sesuai Jenisnya

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk pengelolaan sampah, dapat dimulai dengan memisahkan sampah menjadi 2 bagian, yakni organik dan anorganik. Kamu bisa mulai menyediakan 2 buah tempat sampah di rumah dan beri tanda untuk mempermudahnya. Cara seperti ini akan mempermudah kamu dalam memisahkan sampah rumah tangga yang dihasilkan setiap harinya. 

BACA JUGA:Jenis Tanaman Indoor Yang Membantu Untuk Menetralisir Udara

  • Melakukan Zero Waste

Konsep zero waste yang mulai sering disuarakan agar manusia mulai peduli dengan alam dapat diwujudkan dengan menggunakan barang-barang yang tidak habis pakai. Salah satunya seperti mengganti plastik dengan tas belanja kain, mengganti styrofoam dengan kotak bekal, dan memakai botol untuk mengurangi pemakaian air minum dalam kemasan. Pada intinya kamu bisa mulai mengurangi pemakaian plastik dengan benda-benda yang dapat digunakan secara berulang. Walaupun cukup merepotkan namun, perubahan yang kamu lakukan dapat memberikan dampak yang berarti bagi bumi dan alam.

  • Membuat Pupuk dari Sampah Organik

Pengelolaan sampah selanjutnya juga dapat dilakukan pada sampah organik. Kamu tentunya sudah tidak asing dengan teknik daur ulang, bukan? Daripada membiarkan sampah organik berbau busuk karena  karena bakteri pengurai ada baiknya kamu melakukan daur ulang dengan menjadikannya sebagai pupuk kompos pada tanaman. Namun, jika aroma selama proses pembuatan pupuk kompos cukup mengganggu, kamu bisa menyumbangkan sampah organic pada penjual tanaman atau orang yang memiliki kesukaan berkebun. Sehingga, kamu tetap ikut berkontribusi dalam pengelolaan sampah.

  • Membersihkan Tempat Sampah Setiap Hari

Tempat sampah di dalam rumah sangat penting untuk dijaga kebersihannya. Oleh sebab itu, kamu perlu menjaganya dengan selalu membuang sampah setiap hari dan memastikan tempatnya bersih agar tidak menimbulkan aroma tidak sedap di dalam ruangan. Kamu bisa mengalasi tempat sampah dengan plastik yang ramah lingkungan sehingga kebersihannya tetap terjaga setiap saat.

  • Melakukan Daur Ulang Pada Sampah Anorganik

Sama seperti konsep 3R (reuse, reduce, dan recycle) kamu dapat membantu pengelolaan sampah dengan memilih barang-barang yang masih dapat digunakan kembali. Misalnya botol kaca yang dapat dibersihkan dan digunakan kembali untuk menyimpan barang atau menjadikannya sebagai hiasan rumah.

Demikianlah, penjelasan terkait cara dan manfaat pada pengolahan limbah rumah tangga. Semoga bermanfaat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: