Apa Itu Ethereum? Ini Pengertian dan Harga Ethereum Hari Ini Serta Faktor yang Memengaruhi Fluktuasi Harganya

Apa Itu Ethereum? Ini Pengertian dan Harga Ethereum Hari Ini Serta Faktor yang Memengaruhi Fluktuasi Harganya

Pengertian dan Harga Ethereum - Ethereum adalah salah satu cryptocurrency terbesar di dunia saat ini. Diluncurkan pada tahun 2015, Ethereum memiliki lebih dari 100 juta token yang beredar saat ini. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu Ethereum serta mengulas harga Ethereum hari ini dan apa yang memengaruhi fluktuasi harganya.

Sebelum membahas berapa harga Ethereum hari ini, ada baiknya mengetahui apa itu Ethereum.

Apa itu Ethereum?

Ethereum adalah blockchain publik terdesentralisasi yang memungkinkan para penggunanya untuk membangun dan menjalankan aplikasi terdesentralisasi (decentralized application atau dApp) dan kontrak pintar (smart contract) tanpa harus mengandalkan pusat kendali tunggal atau instansi pemerintah tertentu. 

Ethereum memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi terdesentralisasi yang menggunakan teknologi blockchain. 

BACA JUGA:

Sama seperti Bitcoin, Ethereum menggunakan teknologi blockchain untuk mengamankan dan memverifikasi transaksi, tetapi desainnya memungkinkan pengguna untuk membangun aplikasi terdesentralisasi "berlapis".

Harga Ethereum Hari Ini

Harga Ethereum sangat fluktuatif dan tidak stabil. Pada saat artikel ini ditulis, 10 September 2023 pagi, harga Ethereum berada di angka Rp 25096631.22 berdasarkan data dari Coinmarketcap.

Dalam hal ini, Ethereum mengalami penurunan 0,28% dalam waktu 24 jam. Dalam sepekan pun Ethereum menunjukkan grafik merah dengan penurunan sebesar 0,12 persen.

Bahkan penurunan drastis dari bulan lalu, yakni sebesar 12,03% yang tetap menunjukkan grafik merah.

Hingga saat ini, kapitalisasi pasar dari Ethereum mencapai Rp 3,016.87 T dan volume pertukaran per 10 September 2023 ada sebanyak Rp 32,4 T yang dipertukarkan atau diperdagangkan.

Seperti dijelaskan di atas bahwa harga Ethereum sangat fluktuatif dan dipengaruhi oleh banyak hal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: