Kronologi Jatuhnya Lift Ayu Terra Resort Yang Tewaskan 5 Orang Sekaligus

Kronologi Jatuhnya Lift Ayu Terra Resort Yang Tewaskan 5 Orang Sekaligus

Kronologi Ayu Terra Resort -  Menurut Kapolsek Ubud Komisaris Polisi Made Uder, investigasi awal menunjukkan bahwa gerbong tersebut kelebihan muatan.

Pada Senin sore, 4 September 2023, beberapa personel Polsek Ubud dan Inafis Polda Bali mendatangi tempat kejadian perkara untuk melakukan serangkaian penyelidikan. Sementara aktivitas di lokasi terpantau sepi karena tamu-tamu resor tersebut sudah dipindahkan ke tempat lain demi kenyamanan.

Dari pantauan di lokasi, area sekitar lift yang menjadi tempat insiden tewasnya lima karyawan sudah dipasang garis polisi. Sebelumnya, pada Jumat 1 September 2023, sekitar pukul 13.00 Wita, lift di Ayu Terra Resort Ubud dilaporkan putus hingga mengakibatkan lima orang karyawan meninggal dunia.

Menurut laporan Polsek Ubud, kecelakaan tersebut diduga akibat tali lift jembatan yang dinaiki oleh lima orang karyawan Ayu Terra Resort yang terbuat dari baja putus, kemudian tabung lift meluncur deras ke bawah hingga terjatuh ke jurang.

Pemilik dari Ayu Terra Resort Ubud adalah Linggawati Utomo, ia berjanji bertanggungjawab terhadap para korban. Diketahui insiden kecelakaan lift di Ayu Terra Resort Ubud sedang disorot banyak pihak, sebab sebanyak 5 karyawan terlempar dan meninggal dunia.

BACA JUGA:

Lima karyawan dari departemen tata graha yang terdiri atas tiga perempuan dan dua laki-laki berusia antara 19 dan 24 tahun, menggunakan lift di sepanjang permukaan tebing resor dengan kemiringan 35 derajat. 

Lift tersebut tiba-tiba jatuh dari ketinggian melebihi 100 meter dan jatuh dengan keras ke tanah di bawahnya sekitar pukul 13.00 Jumat (1/9/2023).

Ketut Suwiartha, chef resor, mengungkapkan, dia mendengarkan teriakan tak lama setelah kelima karyawan tersebut memasuki lift yang disusul dengan benturan keras. 

Kecelakaan lift di Ayu Terra Resort Ubud Bali ini terjadi pada Jumat 1 September 2023 lalu. Dalam video CCTV yang beredar di media sosial terlihat lift di Ayuterra Resort Ubud Bali berjalan melintasi tanjakan dengan normal.

Akan tetapi hanya dalam beberapa detik kemudian terlihat, lift di Ayuterra Resort Ubud Bali melajut dengan sangat cepat menuruni lintasan yang ada. Lift di Ayu Terra Resort Ubud Bali tersebut berjalan di sebuah rel yang telah disediakan dengan kemiringan yang cukup tajam.

Polisi menduga tali seling baja lift tersebut tidak kuat menarik beban ke atas yang cukup berat dan pengganjal keselamatan atau rem tidak berfungsi sehingga lift meluncur dengan kecepatan tinggi ke bawah.

Kapolsek Ubud Kompol Made Uder kepada wartawan mengatakan, penyebab pasti kejadian itu masih dalam penyelidikan polisi, namun ada dugaan pada saat kelima orang korban hendak naik dan sudah hampir dekat dengan titik pemberhentian lift, tali seling yang terbuat dari baja sebagai penarik tabung lift putus.

Namun, penyelidikan menyeluruh masih dilakukan untuk memastikan penyebab hal ini, serta untuk menentukan apakah pihak hotel memikul tanggung jawab karena kelalaian atau kurangnya pemeliharaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: