5 Aplikasi Desain Grafis, Ungkap Kreativitas Melalui Teknologi, Ada yang Gratisan Lho !

5 Aplikasi Desain Grafis, Ungkap Kreativitas Melalui Teknologi, Ada yang Gratisan Lho !

Aplikasi Desain Grafis Laptop - Aplikasi Desain Grafis telah menjadi alat yang sangat penting bagi para desainer untuk mengungkapkan kreativitas mereka. Dulu, desain grafis harus dilakukan secara manual dengan pensil, kuas, dan kertas.

Namun, dengan perkembangan teknologi, sekarang kita dapat menggunakan aplikasi desain grafis yang memudahkan proses desain grafis.

Untuk memudahkanmu berikut adalah rekomendasi 5 aplikasi desain grafis terpopuler dan terbaik untuk kamu. Apa saja? Yuk, cek !

1.  Adobe Photoshop

Salah satu aplikasi desain grafis yang populer adalah Adobe Photoshop. Dengan Adobe Photoshop, pengguna dapat membuat berbagai macam desain grafis seperti poster, brosur, atau bahkan ilustrasi digital. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur kreatif dan alat-alat yang membantu para desainer untuk menghasilkan karya yang menakjubkan.

Photoshop adalah software (perangkat lunak) berbasis bitmap. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengedit foto tapi juga mengubah komposisi foto, menggabungkan seni digital, ganti background, dan membuat desain grafis.

Kamu dapat menggunakan Photoshop untuk menghapus objek, memperbaiki objek, melakukan remix, dan memberi warna ulang pada objek.

BACA JUGA:

Adobe Photoshop dapat digunakan di Windows dan juga Mac. Melansir dari situs resminya, Photoshop kini dapat digunakan di iPad. Adobe juga membuat aplikasi photo editor untuk iOS dan juga Android, lho. Nama aplikasinya adalah Photoshop Express Photo Editor, aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk melakukan photo editing melalui smartphone.

Adobe Photoshop bukanlah aplikasi yang bersifat gratis, melainkan berbayar. Harganya mulai dari Rp 187.000 hingga Rp 996.000 rupiah tergantung paket yang ingin kamu pilih. Photoshop juga menyediakan free trial kalau kamu mau coba-coba dan belajar dulu.

2.  CorelDRAW Graphic Suite

CorelDraw adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor. Dengan Corel Draw, kamu bisa membuat logo, poster, brosus, bahkan undangan pernikahan. Kamu bisa membuat desain apa saja yang berbasis vektor dengan aplikasi ini. Karena basisnya vektor, hasil desainnya tidak akan pecah meskipun diperbesar.

Kamu bisa melakukan export atau import file sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, Ai, PSD, PDF, JPG, PNG, SVG, DWG, dan lainnya.

Aplikasi CorelDRAW bisa digunakan di Windows, Mac, dan iPad. Ini juga aplikasi desain berbayar tapi, mereka menyediakan free trial selama 15 hari, jadi kamu bisa coba dan belajar dulu sebelum memutuskan berlangganan. CorelDRAW bisa dibeli dengan 2 cara. Bayar pertahun, atau sekali beli. Biaya langganan per tahunnya adalah sebesar US$399 atau sekitar Rp 5.700.000.

3.  Adobe Illustrator

Masih dari Adobe, aplikasi desain grafis selanjutnya adalah Adobe Illustrator (Ai). Adobe Illustrator adalah aplikasi desain yang fokus untuk desain vektor. Banyak karya yang dapat kamu buat dengan Ai, misalnya, mockup layout website, logo, ikon, tipografi, ilustrasi, poster, dan desain vektor lainnya. Karena Ai berbasis vektor, jadi hasil desain kamu tidak akan pecah kalau diperbesar.

Kalau kamu masih pemula dan baru belajar menggunakan Ai, tenang. Adobe Illustrator menyediakan banyak template yang bisa langsung kamu unduh dan gunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: