Inilah Sederet Aplikasi Untuk Cek Kualitas Kesehatan Udara Yang Kita Hirup

Inilah Sederet Aplikasi Untuk Cek Kualitas Kesehatan Udara Yang Kita Hirup

Aplikasi Cek Kesehatan Udara -  Kualitas udara di perkotaan memang jauh dari kata bersih. Karenanya, penting untuk selalu mengecek Kualitas udara tiap waktu. Agar kita dapat mempersiapkan diri jika harus beraktivitas di luar rumah, seperti mengenakan masker.

Kualitas udara yang terus menurun tentu membuat sebagian masyarakat memperketat melindungi kesehatannya, seperti menggunakan masker dan menggunakan penyaring udara (air purifier). 

Tak hanya itu, salah satu upaya lain dalam melindungi diri adalah dengan memperhatikan tingkat kualiats udara.

Dengan mengetahui nilai kualitas udara, masyarakat dapat lebih perhatian terhadap kesehatan serta dapat mengantisipasi berbagai bahaya yang terjadi akibat kualitas udara yang tidak bagus.

Berikut ini merupakan daftar aplikasi cek kualitas udara yang bisa digunakan di Android atau iPhone. Cek sekarang, yuk!

BACA JUGA:

IQAir AirVisual

IQAir AirVisual dapat membantu Anda untuk memantau kualitas udara di kota Anda. Cara pemakaian sangat mudah, tentukan lokasi Anda terlebih dahulu. Setelahnya, aplikasi ini akan mengambil data polusi terdekat. Data yang diberikan AirVisual lebih akurat karena informasi diambil dari situs pemerintah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur peta grafis untuk melihat kualitas udara di tempat-tempat tertentu.

Plume Labs 

Plume labs dapat mendeteksi kualitas udara dan polusi serta terhubung dengan 12.000 stasiun pemantauan lingkungan di sekitar 60 negara berbeda. Aplikasi ini juga memeriksa data tentang faktor-faktor, seperti waktu, kondisi cuaca, dan lainnya. Saat ini Plume Labs secara resmi diakuisisi oleh perusahaan ramalan cuaca terkenal, AccuWeather. Plume Labs dapat diunduh secara gratis di Play Store (Android) atau App Store (iOS).

BrezzoMeter 

BrezzoMeter akan menyediakan data kualitas udara dan polusi secara signifikan dan real-time berbasis lokasi dengan mudah dipahami. BreezoMeter memiliki monitor kualitas udara langsung. BrezzoMeter hanya bisa diunduh di Google Play Store (Android).

Nafas

Aplikasi nafas dapat melihat kualitas udara di sekitar Anda dengan titik warna yang menunjukkan Indeks Kualitas Udara (AQI). Data kualitas udara yang ditampilkan juga diperbaharui setiap 10 menit. Selain menampilkan kualitas udara yang sedang terjadi atau real-time, aplikasi ini juga memberikan rekomendasi apa yang harus dilakukan, seperti apakah perlu ventilasi di rumah, atau sebaiknya tempat terbaik untuk mereka berolahraga (di tempat terbuka atau tertutup).

Air Matters

Aplikasi Air Matters dapat menampilkan kualitas udara lebih dari 180 negara dengan mengandalkan stasiun pemantau udara terdekat. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menampilkan riyawat kualitas udara selama 48 jam terakhir di beberapa negara. Aplikasi ini dapat diunduh pengguna android dan iOs secara gratis dan ada juga versi berbayar dengan beberapa fitur tambahan.

UdaraKita

Aplikasi UdaraKita dibuat oleh Greenpeace Indonesia. Lewat aplikasi ini kamu bisa mengetahui kualitas udara yang terjadi dan bagaimana mengantisipasi ancaman berbahaya dari polusi udara di sekitar kamu. Saat ini lokasi pemantauan utama hanya di Jakarta dan sekitarnya, Bandung, Semarang, Bali dan Pekanbaru. Untuk kota lain sedang disiapkan oleh Greenpeace. Pengguna dapat memberikan laporan terkait kualitas udara di sekitarnya lewat fitur pengaduan yang disediakan aplikasi ini.

AirCare 

AirCare adalah aplikasi yang tersedia di iOS (App Store) dan Android (Google Play Store), pengguna bisa menghubungkan aplikasi ini ke jam tangan Apple Anda. Aplikasi ini memperbarui pengguna tentang indeks UV, peringatan kebakaran, data polusi, dan tidak ada keraguan tentang kualitas udara. AirCare memiliki beberapa fitur tambahan untuk berbagi pembaruan dan data dengan teman Anda secara online. Aplikasi ini juga menyertakan informasi ramah anak, bagan, peta, dan lainnya. Anda juga dapat berbagi data di banyak platform, seperti Instagram, Snapchat, Twitter, dan lainnya.

Itulah, sederet aplikasi untuk cek kualitas kesehatan udara yang kita hirup. Selamat mencoba.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: