Pantau Tingkat Polusi di Kotamu dengan 5 Aplikasi Polusi Udara di HP Demi Melindungi Kesehatan

Pantau Tingkat Polusi di Kotamu dengan 5 Aplikasi Polusi Udara di HP Demi Melindungi Kesehatan

RADARPENA.CO.ID - Aplikasi polusi udara merupakan sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang membantu untuk memonitor tingkat polusi udara di suatu wilayah atau di sekitar pengguna aplikasi tersebut. 

Dengan aplikasi polusi udara ini, pengguna dapat mengetahui kualitas udara yang dihirupnya setiap hari.

Di Indonesia, polusi udara adalah salah satu masalah kesehatan masyarakat yang berat, karena beberapa kota di Indonesia mengalami tingkat polusi udara yang buruk. Untuk itu perlu memantaunya dengan aplikasi polusi udara.

Dengan adanya aplikasi polusi udara ini, masyarakat yang hidup di kota dengan polusi buruk atau masyarakat sekitarnya bisa memantau kualitas udara yang dihirupnya setiap hari. 

Ada beberapa faktor utama penyebab polusi udara di Indonesia, antara lain adalah pembakaran sampah, asap kendaraan, dan salah satunya adalah kekuatan industri. 

Beberapa kota di Indonesia yang mengalami polusi udara yang buruk di antaranya Jakarta, Semarang, Bandung, Bekasi, dan Bogor.

BACA JUGA:

Kondisi buruk kualitas udara mengakibatkan berbagai masalah kesehatan yang cukup serius. 

Beberapa dampak buruk dari polusi udara di antaranya adalah gangguan pernapasan, iritasi mata, sakit kepala, batuk dan bersin terus-menerus, serta masalah kesehatan lainnya yang lebih serius seperti penyakit jantung dan kanker.

Namun, kehadiran aplikasi polusi udara di hp dapat membantu kita untuk memantau kualitas udara yang kita hirup setiap hari. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 5 aplikasi polusi udara di hp yang dapat kita gunakan: 

1. AirVisual 

AirVisual adalah sebuah aplikasi yang sangat populer menyediakan informasi pemantauan polusi udara secara real-time. 

Aplikasi ini dikembangkan oleh tim polusi udara dari Swiss, dan menyediakan laporan data polusi udara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: