Mengenal Ciri-ciri Gatal Akibat Ulat Bulu dan Cara Mengobatinya

Mengenal Ciri-ciri Gatal Akibat Ulat Bulu dan Cara Mengobatinya

Meskipun gatalnya sangat mengganggu, hindari menggaruk area yang terkena. Menggaruk dapat merusak kulit dan memperburuk masalah, bahkan dapat menyebabkan infeksi sekunder. 

Jika Anda merasa sulit untuk menghindari menggaruk, cobalah untuk memakai sarung tangan tipis pada tangan Anda.

5. Minum Antihistamin:

Jika gatalnya sangat parah atau mengganggu tidur Anda, berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan antihistamin oral. Ini dapat membantu mengurangi rasa gatal secara keseluruhan dan membantu Anda merasa lebih nyaman.

6. Perhatikan Tanda-tanda Infeksi:

Jika kulit teriritasi oleh ulat bulu terinfeksi dan terjadi pembengkakan, kemerahan yang memburuk, atau keluar nanah, segera konsultasikan dengan dokter. Anda mungkin memerlukan perawatan lebih lanjut, seperti antibiotik.

BACA JUGA:Simak Manfaat Uji Emisi Kendaraan, Untuk Lingkungan Hidup

7. Jaga Kebersihan:

Penting untuk menjaga kebersihan kulit dan lingkungan sekitar Anda. Hindari terpapar ulat bulu di tempat-tempat yang mungkin menjadi habitatnya, seperti taman atau area bersemak.

8. Kenakan Pakaian Pelindung:

Jika Anda berada di lingkungan yang berpotensi terdapat ulat bulu, kenakan pakaian yang melindungi kulit Anda, seperti jaket lengan panjang, celana panjang, dan sarung tangan.

Ciri-ciri gatal akibat kena ulat bulu

Seperti diketahui, ciri-ciri gatal akibat kena ulat bulu bisa berupa:

Ruam yang gatal, terasa panas, atau sakit, muncul gatal dengan bintik atau beruntus kecil-kecil berisi air, bentol mirip biduran serta gatal berupa ruam mirip bekas luka.

Selain gatal, gejala lainnya saat ulat bulu mengenai mata dan hidung yakni bersin, batuk pilek, mata merah, mulut gatal dan nyeri, sampai sesak napas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: