Rukun Iman Serta Penjelasannya Yang Wajib Kita Ketahui

Rukun Iman Serta Penjelasannya Yang Wajib Kita Ketahui

Rukun Iman -  Secara istilah Rukun Iman dalam Islam artinya pilar atau tiang keyakinan yang harus dimiliki oleh orang Islam dalam wujud keyakinan dalam hati, terucap dengan lisan, dan amalm yang dilakukan dengan melibatkan semua anggota tubuh. Keimanan seseorang bisa semakin bertambah jika selalu melaksanakan ketaatan.

Perintah untuk beriman juga telah dijelaskan dalam Al-Qur’an sehingga sudah ditetapkan bagi umat Islam agar meyakini keimanannya, baik kepada Tuhannya, malaikat, kitab, rasul, hari akhir, qadha dan qadarnya. Berikut ini dalil yang menjelaskan perintah untuk beriman:

فأخبرني عن الإيمان قال أن تؤمن بالله وملائكته وكتبه ورسله واليوم الآخر وتؤمن بالقدر خيره وشره

Maka kabarkan padaku tentang iman, Rasulullah bersabda: Iman adalah bahwa kamu beriman kepada Allah dan malaikatNya, segala kitabNya, dan RasulNya dan hari akhirat serta kamu beriman dengan qadar baik dan buruk. (H.R. Imam Muslim)

Dalil perintah beriman juga ada pada salah satu ayat dalam Al-Qur’an, tepatnya dalam surat An-Nisa berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya,” (QS An-Nisa: 136).

BACA JUGA:

Inilah Amalan-Amalan Yang Dicintai Allah, Yang Patut Kita Lakukan Setiap Hari

Buah-Buahan di Dunia Berasal dari Surga Menurut Al Quran

Seorang muslim tidak akan bisa menjalankan ibadahnya jika tidak memiliki iman di hatinya. Selain menjadi pilar keyakinan dalam menjalankan kehidupan, keimanan juga bisa menjadi pengontrol atau pengendali dalam bersikap. Seorang yang punya iman akan selalu bersikap baik.

RUKUN IMAN

Berikut ini merupakan enam rukun iman dalam Islam beserta penjelasannya.

1. Iman Kepada Allah

Rukun iman yang paling pertama dan utama adalah iman kepada Allah, yaitu meyakini dan mempercayai bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, serta meyakini bahwa Allah yang telah menciptakan seluruh alam semesta dan segala kehidupannya. Menurut Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza'iri dalam Kitab Minhajul Muslim melalui surah Al-Anbiya' ayat 22, Allah SWT menegaskan bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah di langit dan bumi selain Dia.

لَوْ كَانَ فِيهِمَآ ءَالِهَةٌ إِلَّا ٱللَّهُ لَفَسَدَتَا ۚ فَسُبْحَٰنَ ٱللَّهِ رَبِّ ٱلْعَرْشِ عَمَّا يَصِفُونَ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: