Rukun Iman Serta Penjelasannya Yang Wajib Kita Ketahui

Rukun Iman Serta Penjelasannya Yang Wajib Kita Ketahui

Artinya: "Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain Allah, niscaya hancurlah keduanya. Maka Maha Suci Allah yang mempunyai 'Arsy daripada apa yang mereka sifatkan."

2. Iman Kepada Malaikat

Beriman kepada malaikat maknanya mengimani wujud dan penciptaanya, mengimani 10 malaikat dan tugasnya yang diketahui, sekaligus mengimani sifat-sifatnya. Utamanya, sifat malaikat sebagai makhluk Allah SWT yang senantiasa tunduk dan patuh padaNya. Allah SWT mengisyaratkan keberadaan malaikat dalam surah Al Anbiya ayat 19,

(19) وَلَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَمَنْ عِنْدَهُ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَلَا يَسْتَحْسِرُونَ

(20) يُسَبِّحُونَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفْتُرُونَ

Artinya: "Dan milik-Nya siapa yang di langit dan di bumi. Dan (malaikat-malaikat) yang di sisi-Nya, tidak mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih. Mereka (malaikat-malaikat) bertasbih tidak henti-hentinya malam dan siang,"

3. Iman kepada Kitab-Kitab Allah

Rukun iman yang ketiga adalah kepada kitab-kitab Allah. Hal ini berarti bahwa umat Islam wajib meyakini dan mempercayai keberadaan kitab-kitab yang diturunkan Allah SWT. Selain mengimani Al-Quran sebagai pedoman hidup, Allah juga memerintahkan umat-Nya untuk meyakini kitab sebelum al-Quran seperti Taurat, Zabur, dan Injil. 

Penjelasan tersebut tertuang dalam surat Ali Imran ayat 3 berikut ini:

نَزَّلَ عَلَيۡكَ الۡـكِتٰبَ بِالۡحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيۡنَ يَدَيۡهِ وَاَنۡزَلَ التَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَۙ‏

Artinya: “Dia menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab) sebelumnya, dan menurunkan Taurat dan Injil.”

BACA JUGA:Kumpulan Bacaan Doa Agar Dagangan Laris dan Berkah Arab, Latin, dan Terjemahan, Amalkan Setiap Hari

4. Iman Kepada Rasul

Rukun yang keempat, umat Islam wajib mengimani rasul-rasul Allah. Rasul sendiri adalah seorang yang diutus oleh Allah untuk memberikan kabar kebenaran kepada Manusia. Allah menjelaskan keberadaan rasul dalam surah Ar Ra'd ayat 38 berikut ini:

وَلَقَدۡ اَرۡسَلۡنَا رُسُلًا مِّنۡ قَبۡلِكَ وَ جَعَلۡنَا لَهُمۡ اَزۡوَاجًا وَّذُرِّيَّةً ‌ ؕ وَمَا كَانَ لِرَسُوۡلٍ اَنۡ يَّاۡتِىَ بِاٰيَةٍ اِلَّا بِاِذۡنِ اللّٰهِ‌ ؕ لِكُلِّ اَجَلٍ كِتَابٌ

Artinya: “Dan sungguh, Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum engkau (Muhammad) dan Kami berikan kepada mereka istri-istri dan keturunan. Tidak ada hak bagi seorang rasul mendatangkan sesuatu bukti (mukjizat) melainkan dengan izin Allah. Untuk setiap masa ada Kitab (tertentu).” 

5. Iman Kepada Hari Akhir

Iman kepada hari akhir atau hari kiamat artinya meyakini dan mempercayai bahwa hari itu pasti akan datang. Pada hari itu alam semesta beserta seluruh isinya akan hancur dan manusia akan dibangkitkan dari kuburnya untuk dimintai pertanggungjawaban. Meski demikian, kedatangan hari akhir hanya diketahui oleh Allah SWT. Sebagaimana termaktub dalam surah Al A'raf ayat 187,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: