Apa Itu Uji Emisi Motor? Begini Cara Cek, Manfaat, dan Syarat Lulus

Apa Itu Uji Emisi Motor? Begini Cara Cek, Manfaat, dan Syarat Lulus

Uji Emisi Motor - Uji Emisi Motor atau yang sering juga disebut dengan uji karbon monoksida (CO) adalah proses pemeriksaan untuk mengetahui keadaan Emisi gas buang kendaraan bermotor. 

Tujuan dari uji emisi motor adalah untuk mengetahui apakah kendaraan tersebut memiliki emisi gas buang yang melebihi ambang batas yang ditentukan. 

Uji emisi motor sangat penting karena kendaraan yang memiliki emisi gas buang yang lebih tinggi dari ambang batas akan berdampak buruk pada lingkungan dan kesehatan manusia.

Pengertian Uji Emisi Motor

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang uji ini, mari kita terlebih dahulu memahami apa yang dimaksud dengan emisi gas buang. 

Emisi gas buang merupakan gas yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor saat mesin bekerja dan gas ini terdiri atas beberapa zat, seperti CO, hidrokarbon, nitrogen oksida dan karbon dioksida. 

BACA JUGA:

Ketika mesin kendaraan bermotor berjalan, emisi gas buang yang keluar dari knalpot akan berpotensi merusak lingkungan dan kesehatan manusia. 

Jadi, uji emisi motor adalah upaya yang dilakukan untuk mengecek apakah kinerja mesin suatu kendaraan tersebut layak atau tidak.

Pengecekan tersebut termasuk dengan efisiensi pembakaran yang diuji dengan alat khusus yang tersedia di dealer, bengkel, dan lainnya.

Oleh karena itu, uji emisi motor dibutuhkan untuk mengetahui seberapa besar emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan tersebut.

Cara Cek Uji Emisi Motor

Ada beberapa cara yang biasa digunakan dalam melakukan uji emisi motor, antara lain:

BACA JUGA:

1. Uji Emisi Motor dengan Alat Detektor Gas Cair

Uji emisi ini dilakukan dengan cara menghubungkan kendaraan ke alat detektor gas cair yang kemudian akan mengukur tingkat emisi gas buang yang dihasilkan oleh motor tersebut. 

Dalam hal ini, kendaraan diminta untuk dinyalakan dan mesin motor akan dipanaskan terlebih dahulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: