Daftar Negara Paling Tidak Aman 2023, Indonesia Termasuk?

Daftar Negara Paling Tidak Aman 2023, Indonesia Termasuk?

Selain menjadi ajang perebutan kepentingan, gerakan radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) turut menyengsarakan masyarakat lokal bahkan dunia.

4. Sudan Selatan

Pasca referendum pada Juni 2011, bukan kesejahteraan yang diraih, tetapi justru tragedi demi tragedi bermunculan.

Ratusan ribu warga sipil menjadi korban keganasan perang sipil dan jutaan lainnya menderita trauma. Imbasnya, Institute for Economics and Peace memberi skor GPI sebanyak 3,22.

5. Republik Demokratik Kongo (DRC)

Republik Demokratik Kongo masih bergulat dengan pertempuran berkepanjangan sejak 1996 lalu. Dengan skor GPI 3,21, negara di kawasan Afrika Tengah itu mencatatkan pelanggaran hak asasi manusia yang serius. 

Pembunuhan massal akibat konflik bersenjata dan kekerasan antarkomunitas menjadi sumber masalah di negara tersebut.

BACA JUGA:Deretan Rekomendasi Drakor Terbaru Tayang Agustus 2023 yang Wajib Kamu Tonton

6. Rusia

Invasi Rusia ke Ukraina memanas usai kabar kedekatan Ukraina dengan Blok Barat. 

Pada akhirnya, Presiden Vladimir Putin mengumumkan operasi militer sejak 24 Februari 2022 dan masih berlangsung hingga kini. 

Akibatnya, Negeri Beruang Putih dianggap sebagai salah satu negara paling tidak aman dengan skor perdamaian sebesar 3,14.

7. Ukraina

Situasi perang Rusia-Ukraina yang terus memanas telah memaksa setengah juta warga yang dipimpin Volodymyr Zelensky meninggalkan negara. 

Laporan PBB pada Senin, 28 Februari 2022 menyebutkan, warga sipil melarikan diri ke sejumlah negara, seperti Polandia, Hongaria, Moldova, Rumania, Slovakia, dan Belarus. Tidak mengherankan apabila skor GPI Ukraina menyentuh 3,04.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: