Inilah Segudang Manfaat Dari Cream Temulawak Yang Bagus Untuk Kulit Wajah

Inilah Segudang Manfaat Dari Cream Temulawak Yang Bagus Untuk Kulit Wajah

Manfaat Cream Temulawak -  Cream Temulawak menjadi produk perawatan kecantikan yang cukup populer di Indonesia. Banyak klaim kecantikan yang ditawarkan dari produk ini mulai dari mengatasi jerawat hingga memutihkan kulit.

Belakangan ini, tanaman yang bernama Latin Curcuma xanthorrhiza tersebut juga dikemas dalam bentuk krim kecantikan

Di Indonesia, tanaman yang mirip dengan kunyit ini biasanya digunakan untuk pengobatan penyakit-penyakit seperti gangguan pencernaan, antiradang, bahkan obat jerawat.

Karena dikenal manfaatnya sebagai obat jerawat inilah, akhirnya muncu produk berupa cream temulawak.

Cream temulawak dikatakan mampu menghilangkan bintik-bintik hitam, bekas jerawat, memutihkan kulit, hingga membuat kulit bersih dan bercahaya.

baca juga:

Nah, berikut ini merupakan manfaat yang didapat saat menggunakan cream temulawak. Siak yuk!

Sebagai Anti Jerawat

  • Dalam jurnal internasional karya sekelompok peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB), telah diungkapkan bahwa temulawak memiliki khasiat bagi kesehatan kulit.

    Studi tersebut menemukan bunga temulawak yang dikeringkan dan diekstrak menjadi minyak atsiri atau essential oil mampu menghambat pertumbuhan P. acnes, yakni bakteri kulit yang menyebabkan peradangan saat kulit berjerawat.

    Minyak ini bahkan bisa menghambat bakteri jerawat 50 persen lebih baik dibandingkan antibiotik tetrasiklin yang biasa digunakan dalam pengobatan jerawat. Selain itu, krim ini juga dipercaya dapat membantu menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu.

Mencerahkan Kulit Wajah

  • Temulawak mengandung komponen antioksidan dan antiinflamasi. Keduanya dapat mencerahkan kulit secara alami. Menggunakannya diyakini dapat membuat kulit glowing.

    Ekstrak Temulawak juga dipercaya dapat menghambat enzim tyrosinase, yaitu enzim yang membentuk melanin sehingga kulit lebih gelap. Jadi, tak heran dimanfaatkan juga sebagai pemutih wajah.

BACA JUGA:

Menenangkan Kulit Yang Membengkak

  • Sifat antiradang yang dimiliki temulawak dapat membantu meredakan berbagai kondisi kulit yang berhubungan dengan peradangan, contohnya akibat gejala eksim. Secara umum, temulawak dapat mengurangi pembengkakan atau radang kulit dalam berbagai bentuk.

Membuat Kulit Awet Muda

  • Cream temulawak termasuk ke dalam golongan antioksidan topikal yang memiliki manfaat untuk membuat kulit terlihat lebih muda. Antioksidan dapat membantu melindungi kulit dari penuaan dini yang disebabkan oleh faktor eksternal, seperti paparan sinar matahari yang berlebihan, merokok, polusi, dan lainnya.

Efek Samping Cream Temulawak 

Sebagai bahan alami, temulawak pada dasarnya relatif aman untuk digunakan, kecuali pada Anda yang memiliki hipersensitivitas terhadap tanaman satu ini. Hal yang perlu Anda waspadai justru adalah bahan tambahan lainnya yang terkandung dalam cream ini.

Produk krim temulawak bisa saja mengandung bahan berbahaya seperti merkuri atau paraben. Zat tersebutlah yang bisa menyebabkan efek samping seperti iritasi atau yang lebih berbahaya lagi dapat memicu kanker kulit.

Jika muncul efek samping seperti iritasi kulit, ruam, sensasi terbakar, atau reaksi kulit lainnya, sebaiknya hentikan penggunaan krim untuk mengetahui apakah krim memang menjadi pemicu reaksi tersebut.

Apabila gejala tidak kunjung membaik setelah penggunaan krim, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Itulah, penjelasan mengenai manfaat dari cream temulawak yang bagus untuk kulit wajahmu. Semoga bermanfaat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: