Mengenal Keunggulan Dynamic Island, Fitur Baru Dari iPhone 14

Mengenal Keunggulan Dynamic Island, Fitur Baru Dari iPhone 14

Dynamic Island -  Salah satu fitur yang tidak lepas dari perhatian penggemarnya adalah Dynamic Island yang terletak di bagian atas ponsel atau dikenal dengan poni di seri iPhone kali ini.

Masih tampil dengan notch atau poni andalan di seri sebelumnya, Apple hadir dengan inovasi baru menggabungkan desain tampilan poni iPhone dengan aktivitas pengguna dalam Dynamic Island yang tampak efektif dan efisien. Dynamic Island pada seri ke-14 iPhone ini tampil dengan bentuk pil oval yang memanjang yang dapat bergabung dan berpisah dalam penggunaannya.

Diberi nama Dynamic Island, karena fitur pada bagian atas iPhone 14 Series ini tampil secara dinamis mengikuti aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya. Dynamic Island pun terkesan interaktif, membuat pengguna dan smartphone yang digunakannya seolah-olah saling berinteraksi mengikuti aktivitas yang diakses.

Dynamic Island akan muncul setiap kali iPhone tidak dalam keadaan terkunci. Untuk menggunakannya, pengguna iPhone 14 series cukup menyentuh dan menekan Dynamic Island untuk melihat aktivitas secara detail.

Fitur andalan iPhone 14 series ini juga didukung dengan iOS terbaru dan Apple A16 Bionic yang menjanjikan pengguna dapat mengakses notifikasi dan aplikasi yang sedang diakses dengan mudah dan praktis. Saat ada notifikasi panggilan masuk, Dynamic Island akan melebar penuh di layar bagian atas iPhone 14 Series.

BACA JUGA:

Dynamic Island merupakan fitur baru pada iPhone 14 Pro yang memadukan dua perangkat sekaligus, yakni perangkat keras dan perangkat lunak, yang mana dari kedua perangkat tersebut bisa memudahkan penggunanya untuk beralih dari satu fitur ke fitur lain tanpa harus keluar layar.

Fitur ini terletak di atas layar iPhone sehingga bisa menampilkan gabungan notifikasi informasi serta aktivitas yang sedang dilakukan, seperti menampilkan gelembung musik, skor olahraga, hingga panggilan telepon. 

Selain itu, penggabungan ini telah terintegrasi untuk seluruh iOS16 dan dapat berfungsi dengan segala jenis aplikasi untuk memunculkan hal yang dibutuhkan penggunanya.

Beberapa fitur yang terdapat di Dynamic Island adalah pantauan lama panggilan, baterai AirPod, atau papan skor olahraga. Dalam video yang dibagikan, Dynamic Island juga bisa membuat pengguna beralih dari aplikasi musik, peta, dan kontrol notifikasi.

Apple sendiri dalam situs resminya menyebut Dynamic Island sebagai "desain baru yang mengenalkan cara yang intuitif untuk merasakan iPhone". Apple juga menyebut Dynamic Island sebagai fitur yang "mengaburkan batas antara perangkat keras dan lunak, secara luwes berubah-ubah bentuk untuk secara jelas mengangkut deret aktivitas penting seperti otentifikasi Face ID".

Dynamic Island juga tergolong praktis karena didukung algoritme layar canggih yang bisa membuat tampilannya lebih responsif sehingga penggunanya hanya perlu mengetuk, mengusap, atau menahan untuk menjalankan multitasking aplikasi.

Berkat dukungan chip terbaru Apple A16 Bionic dan iOS 16, Dynamic Island mampu menampilkan animasi untuk notifikasi dan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang (background). 

Misalnya, aplikasi maps, musik, timer, perekam audio, hingga aplikasi pihak ketiga. Animasi yang ditampilkan nantinya akan disesuaikan dengan aplikasi yang sedang dibuka pengguna. Sehingga, bentuk Dynamic Island bakal bisa melebar bahkan memunculkan animasi "lingkaran" baru di samping poni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: