PKS 'Sentil' Pemprov DKI Jakarta soal Polusi Udara: Anggaran untuk Tangani Polusi Jangan Diirit-Irit!

PKS 'Sentil' Pemprov DKI Jakarta soal Polusi Udara: Anggaran untuk Tangani Polusi Jangan Diirit-Irit!

JAKARTA, RADARPENA - Sekretaris I Fraksi PKS DPRD DKI M Taufik Zoelkifli 'menyentil' Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang dinilai lamban menangani masalah polusi udara di Ibu Kota.

Menurutnya, Pemprov DKI terkesan mengesampingkan program untuk mengatasi polusi. Buktinya, anggaran pembangunan sepeda yang telah dihapus.

"Baru sekarang kita ribut polusi, tapi kalau bahas anggaran yang pro penanganan polusi, seakan-akan diirit-irit," kata Taufik dalam pernyataannya dikutip Senin 14 Agustus 2023.

BACA JUGA:Siap-siap! Tarif Tol Jagorawi dan Sedyatmo Naik Rp1.000 Mulai 20 Agustus 2023

Taufik menegaskan, bahwa salah satu penyumbang polusi udara di Jakarta adalah kendaraan bermotor

"Untuk itu, Pemprov DKI seharusnya lebih mendorong masyarakat agar beralih menjadi pengguna transportasi umum dan kendaraan berbasis listrik," ujarnya.

Dapat disampaikan, dalam rancangan pembangunan daerah (RPD) DKI Jakarta 2023-2026 yang dibuat Anies Baswedan saat menjabat sebagai Gubernur DKI, jalur sepeda di Ibu Kota bakal memiliki panjang 550 kilometer.

BACA JUGA:Kegunaan Sepeda Listrik (Selis), Untuk Olahraga dan Transportasi

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI menghapus anggaran pembangunan jalur sepeda senilai Rp 38 miliar dan evaluasi jalur sepeda senilai Rp 2 miliar dalam RAPBD 2023.

Kemudian, pada 16 November 2022, Dishub DKI mengembalikan anggaran jalur sepeda dengan total nilai Rp 7,5 miliar.

Rinciannya, Rp 5 miliar untuk mengoptimalkan jalur sepeda di Ibu Kota, Rp 2 miliar untuk evaluasi jalur sepeda, dan Rp 500 juta untuk sosialisasi evaluasi tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: