Rekomendasi Kumpulan Pantun Nasehat Yang Penuh Makna Pesan Bijak

Rekomendasi Kumpulan Pantun Nasehat Yang Penuh Makna Pesan Bijak

Pantun Nasehat - Pantun sendiri bertujuan untuk berkomunikasi, menyampaikan saran, larangan, nasihat, kasih sayang, pesan moral dan kritik sosial.

Pantun sendiri bertujuan untuk berkomunikasi, menyampaikan saran, larangan, nasihat, kasih sayang, pesan moral dan kritik sosial.

Pada jaman dahulu, pantun disusun menggunakan bahasa melayu, sebab masyarakat Melayu kebiasaan menyukai kata - kata kiasan untuk berkomunikasi.

Namun seiring perkembangan zaman bahasa pantun diadaptasi menjadi Bahasa Indonesia serta bahasa daerah lainnya.

BACA JUGA:

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pantun adalah bentuk dari puisi Indonesia atau Melayu yang setiap bait (kuplet) umumnya terdiri dari empat baris dengan sajak a-b-a-b.

Setiap larik pada pantun umumnya terdiri atas empat kata dimana baris pertama dan kedua digunakan sebagai sampiran dan baris ketiga dan  keempat sebagai isi.

Jenis - Jenis Pantun

Pantun Adat

Pantun adat adalah Pantun yang berisi tentang hal-hal berbau adat dan budaya.

Pantun Peribahasa

Pantun ini merupakan jenis pantun yang terdapat kalimat peribahasa yang umumnya memiliki susunan tetap.

Pantun Kiasan

Pantun kiasan merupakan jenis pantun yang memuat sejumlah kalimat kiasan.

Pantun Jenaka

Pantun jenaka digunakan untuk menghibur atau bisa juga digunakan untuk saling menyindir namun dalam suasana hangat dan akrab.

Pantun Percintaan

Pantun percintaan berisi ungkapan hati seseorang akan perasannya terhadap orang lain, yaitu orang yang sedang ada dalam hatinya. Sering pula pantun ini berisi candaan terhadap orang yang dimabuk cinta.

Pantun Nasihat

Pantun nasihat sendiri memiliki isi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan moral dan didikan. Pantun nasihat ini biasanya memiliki pesan-pesan bijak yang mengajak untuk berbuat baik.

Pantun nasehat beraneka ragamrupa dan temanya. Salah satu pantun nasehat itu ada yang bertemakan agama atau budi pekerti yang berguna untuk  suatu masyarakat dalam menjalani hidup sehari-hari.

Pantun nasehat ini memiliki tujuan khusus yaitu menyampaikan pesan pendidikan dan moral kepada para pendengar atau pembacanya.

Pantun Agama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: