Rekomendasi Pantun Jenaka Lucu Serta Menghibur, Simak Selengkapnya

Rekomendasi Pantun Jenaka Lucu Serta Menghibur, Simak Selengkapnya

Pantun Jenaka - Pantun Jenaka merupakan Pantun yang digunakan untuk menghibur orang dan terkadang juga sebagai media untuk saling menyindir dalam suasana yang penuh keakraban sehingga tidak menimbulkan rasa tersinggung.

Secara umum struktur pantun berisi 4 baris, baris pertama dan kedua disebut dengan sampiran, sementara baris ketiga dan keempat disebut dengan isi.

Pantun terdiri atas empat larik (atau empat baris bila dituliskan), tiap larik terdiri atas 8-12 suku kata, bersajak akhir dengan pola a-b-a-b ataupun a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b atau a-b-b-a).

Pantun memiliki nama lain dalam bahasa-bahasa daerah, seperti dalam bahasa Jawa, Pantun dikenal dengan kata parikan, sementara dalam bahasa Sunda Pantun disebut paparikan dan dalam bahasa Batak, Pantun dikenal dengan sebutan umpasa.

Pantun memiliki beberapa jenis berdasarkan isinya, salah satu contohnya yaitu pantun yang menarik dan  lucu yang bisa membuat orang lain terhibur.

BACA JUGA:

Setiap larik pada pantun umumnya terdiri atas empat kata dimana baris pertama dan kedua digunakan sebagai sampiran dan baris ketiga dan  keempat sebagai isi.

Kumpulan Pantun Jenaka

Berikut ini dilansir dari berbagai sumber, kumpulan pantun jenaka yang lucu serta menghibur cocok untuk dijadikan bahan bercanda bersama teman dan orang terdekat:

1. Disini kosong di sana kosong

   Tidak terdapat batang tembakau

   Bukannya aku berkata bohong

  Ada katak memikul kerbau

 

2. Pagi pagi makan kuaci

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: