5 Manfaat Kaktus Centong Untuk Kesehatan, Salah Satunya Sembuhkan Luka

5 Manfaat Kaktus Centong Untuk Kesehatan, Salah Satunya Sembuhkan Luka

Kaktus Centong - Tumbuhan Kaktus termasuk ke dalam golongan tanaman sukulen karena mampu menyimpan persediaan air di batangnya.

Tumbuhan ini membuka stomatanya di malam hari ketika cuaca lebih dingin dibandingkan siang hari yang terik.

Ukuran batangnya hanya mencapai 20 cm dengan warna hijau. Sementara mahkota bunga pohon kaktus centong bewarna merah dengan banyak benang sari di dalam periantumnya. Pohon kaktus centong biasa hidup di area yang kering.

Kaktus centong atau Opuntia cochenillifera merupakan sejenis kaktus tang termasuk ke dalam famili Cactaceae atau suku kaktus-kaktusan dan termasuk ke dalam genus Opuntia.

BACA JUGA:

Kaktus centong biasanya tumbuh di lahan yang kering, selalu hijau dengan formasi Semak belukar, pada habitat manusia tanaman ini diubah tumbuh di pekarangan dan tegalan. 

Tak hanya untuk dijadikan tanaman hias saja, tumbuhan ini juga bisa dimakan loh dan banyak sekali manfaatnya, namun tak semua tumbuhan kaktus bisa dimakan ya, hanya kaktus dari jenis tertentu saja.

Kaktus bisa dimakan langsung dan juga bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, salah satunya bisa disajikan menjadi salad.

Manfaat kaktus 

Mampu melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang sangat bermanfaat untuk proses pencernaan tubuh juga ada di kaktus centong. 

Kandungan serat yang bisa kamu dapatkan di Kaktus centong ini bisa merangsang gerak peristaltik atau gerakan meremas di otot - otot halus sepanjang usus. Tak hanya itu, seseorang yang terkena sembelit dan diare juga sebaiknya konsumsi kaktus centong ini.

Sebab kandungan serat pada makanan membuat feses padat sehingga lebih gampang untuk dikeluarkan dari saluran pencernaan.

Mampu menurunkan kadar kolesterol

Kaktus yang mengandung kadar antioksidan yang sangat tinggi, bila kamu mengonsumsi secara teratur maka kadar kolesterol dalam tubuh akan menurun.

Para peneliti di Prancis memverifikasi efek yang sama pada 68 wanita, yang setelah empat minggu mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh mereka.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan yang terdapat di ekstrak pohon kaktus centong bisa menjadi obat penurun berat badan yang cukup ampuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: