Kenali Gejala Paru-paru Basah, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenali Gejala Paru-paru Basah, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Paru-Paru Basah - Paru-Paru basah atau pneumonia adalah istilah yang menggambarkan peradangan kantung udara (alveoli) pada salah satu atau kedua Paru-Paru.

Peradangan ini membuat alveoli terisi cairan atau nanah, mengakibatkan penderita mengalami kesulitan bernapas.

Paru-paru basah adalah infeksi yang ditimbulkan oleh virus, bakteri atau jamur.

Pnemonia yang disebabkan oleh virus atau bakteri adalah penyakit menular dan dapat menyebar melalui udara yang berasal dari droplet bersin atau batuk.

Penyakit ini cukup berbahaya jika tidak ditangani dengan benar. Untuk lebih meningkatkan kesadaran mengenai penyakit ini, penting untuk mengetahui gejala paru-paru basah.

BACA JUGA:

Gejala Paru-paru Basah

Berikut ini adalah gejala paru-paru basah yang harus diwaspadai:

1. Kesulitan Bernapas

Infeksi oleh bakteri atau virus menyebabkan peradangan sehingga paru-paru berisi vaoran atau nanah. Cairan ini menyebabkan volume paru-paru mengecil menyebabkan penderita kesulitan bernapas.

2. Wajah atau Bibir membiru

Istilah ini dikenal sebagai sianosis. Hal ini terjadi ketika paru-paru kurang atau tidak bisa menyuplai oksigen kedalam darah.

3. Menggigil dan Berkeringat

Salah satu gejala yang kerap terjadi pada penderita paru-paru basah yaitu menggigil yang datang secara cepat dan intens. Gejala menggigil ini biasanya disertai demam yang menandakan pertumbuhan bakteri dalam aliran darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: