Nabi Adam AS Memiliki Tinggi Badan 27 Meter

Nabi Adam AS Memiliki Tinggi Badan 27 Meter

Tinggi Nabi Adam - Nabi Adam AS, memiliki tinggi sekitar 60 Hasta atau setara dengan 27 meter. Tinggi Nabi Adam diterangkan dalam Hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwiyatkan oleh Imam Bukhari.

“Allah menciptakan Adam dengan tinggi 60 Hasta”,Satu hasta sama dengan 0,45 cm, artinya 60 hasta x 0,45 cm sama dengan 27 meter.

Teks lengkap hadist Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tinggi Nabi Adam AS mencapai 60 hasta adalah seperti dibawah ini.

 خَلَقَ اللَّهُ آدَمَ وَطُولُهُ سِتُّونَ ذِرَاعًا، ثُمَّ قَالَ: اذْهَبْ فَسَلِّمْ عَلَى أُولَئِكَ مِنْ الْمَلاَئِكَةِ، فَاسْتَمِعْ مَا

 يُحَيُّونَكَ تَحِيَّتُكَ وَتَحِيَّةُ ذُرِّيَّتِكَ. فَقَالَ: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ. فَقَالُوا: السَّلاَمُ عَلَيْكَ وَرَحْمَةُ اللَّهِ. فَزَادُوهُ: وَرَحْمَةُ اللَّهِ. فَكُلُّ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ آدَمَ، فَلَمْ يَزَلْ الْخَلْقُ يَنْقُصُ حَتَّى الآنَ

Artinya: Allah telah menciptakan Adam AS berdasarkan bentukNya, tingginya 60 hasta. Kemudian (Allah) berfirman, "Pergilah dan memberi salamlah kepada para malaikat itu, dan dengarkanlah mereka memberi hormat kepadamu.

BACA JUGA:

Itulah kehormatanmu dan keturunanmu.
Lalu, (Adam) mengucapkan, "Assalamualaikum," .maka, (para malaikat) mengucapkan, "Assalamualaika wa rahmatullah," (para malaikat) menambahkan 'warrahmatullahi,'

Maka, setiap orang yang masuk surga serupa dengan Adam (dalam hal perawakan/postur dan gambaran), dan manusia itu senantiasa bertambah kecil sampai sekarang," (HR Bukhari, Muslim, dan Ahmad).

Dari hadist diatas jelas bagi kita Nabi Adam AS memiliki tinggi tubuh mencapai 27 meter atau 60 Hasta. Nabi Muhammad SAW, juga mengatakan tinggi ummat yang masuk syurga juga akan sama seperti tinggi Nabi Adam, termasuk fostur, perawakan dan gambaran.

Perkataan Nabi Muhammad, pasti benar, sebab ia berkata bukan atas kehendak nafsu melainkan atas wahyu Allah.

Hadist itu, juga menjelaskan fostur penghuni syurga sama seperti Nabi Adam, walau ciri-ciri fisik manusia sekarang tidak seperti Nabi Adam AS

Allah Maha kuasa, karena dialah yan maha tahu tentang semua mahluknya, termasuk manusia yang diciptakannnya.

BACA JUGA:

Manusia dari masa ke masa mengalami penyusutan, baik ciri fisik lebih – lebih soal tinggi badan. Tinggi manusia sekarang rata-rata hanya antara 1,5  sampai 2 meter saja.

Beberapa hikmahnya Nabi Adam AS diciptakan Allah, memiliki tinggi sampai 27 meter adalah, agar hidupnya mudah. Alasannya saat itu kondisi alam, saat Nabi Adam  tentu sangat berbeda dibanding sekarang.

Masa hidup, Nabi Adam hewan-hewan pohon tentu masih besar-besar dan buas. Alhasil tinggi yang menjulang hingga 27 meter memiliki tenaga yang lebih kuat untuk  menaklukkan alam.(***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: