Bukan Poundsterling, Inilah Urutan Nilai Mata Uang Tertinggi Di Dunia

Bukan Poundsterling, Inilah Urutan Nilai Mata Uang Tertinggi Di Dunia

JAKARTA, RADARPENA -  Banyak yang mengira mata uang dollar Amerika Serikat sebagai mata uang tertinggi di dunia. Namun, ternyata dollar Amerika Serikat bukan mata uang dengan nilai tertinggi di dunia.

Begitu juga dengan mata uang pound dari Inggris dan Euro maupun mata uang yuan dari China. Saat ini telah tercatat ada 180 mata uang di dunia yang telah dipergunakan sebagai alat perdagangan di 197 negara. Dinar Kuwait adalah mata uang tertinggi di dunia pada tahun 2023.

Setiap negara memiliki mata uangnya sendiri untuk digunakan sebagai alat perdagangan pada setiap pembelian. Mata uang memiliki nilai tukarnya sendiri. Nilai tukar mempengaruhi biaya barang dan jasa dalam mata uang asing.

Melansir laman forbes.com, berikut ini adalah daftar nilai mata uang tertinggi di dunia.

BACA JUGA:Daftar Aplikasi Pinjaman Online Legal, Bunga Rendah dan Langsung Cair

1. Dinar Kuwait (KWD): 1 KWD = US$3,26

Dinar Kuwait adalah mata uang terkuat di dunia dengan 1 dinar Kuwait membeli 3,26 dolar AS (atau, dengan kata lain, US$1 sama dengan 0,31 dinar Kuwait).

Sedangkan untuk Rupiah, 1 KWD sama dengan Rp 47.909,92. Kuwait terletak di antara Arab Saudi dan Irak, memperoleh sebagian besar kekayaannya dari menjadi pengekspor minyak global terkemuka.

Dinar Kuwait diperkenalkan pada 1960-an dan awalnya dipatok ke pound Inggris sebelum dipatok ulang ke sekeranjang mata uang yang dirahasiakan.

2. Dinar Bahrain (BHD): 1 BHD = US$2,65

Dinar Bahrain juga memiliki nilai yang sangat tinggi, sekitar 2,65 USD per 1 Dinar Bahrain. Alasannya pun tak jauh berbeda dengan Kuwait.

Bahrain adalah negara dengan kebijakan ekonomi yang kondusif dan stabilitas politik yang kuat. Selain itu, Bahrain juga memiliki sumber daya minyak dan gas alam yang signifikan. Faktor-faktor ini berkontribusi pada kekuatan nilai Dinar Bahrain.

3. Rial Oman (OMR): 1 OMR = US$2,60

Rial Oman adalah mata uang terkuat ketiga di dunia dengan 1 rial Oman membeli 2,60 dolar AS (atau US$1 sama dengan 0,38 rial Oman). Mata uang ini seharga juga dengan Rp 38.377,24. Oman berada di antara Uni Emirat Arab dan Yaman di ujung semenanjung Arab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: