Amalkan Doa Sapu Jagad, Mendapatkan Kebahagian Dunia dan Akhirat

Amalkan Doa Sapu Jagad, Mendapatkan  Kebahagian Dunia dan Akhirat

JAKARTA, RADARPENA - Anda yang sedang belajar BAB Doa-doa baik dari Al-quran maupun Hadist, pasti sudah tak asing dengan doa satu ini. Doa ini selalu di amalkan Rasulullah Muhammad SAW, para sahabat Nabi, serta para wali, ulama kyai, orang-orang sholeh, guru-guru agama dan para dai  dimana saja mereka berada.

Namanya doa sapu jagad. Dinamakan doa sapu jagad karena permintaan didalam doa itu sudah mencakup seluruhnya. Baik untuk  kebahagiaan di dunia, yang sekarang kita tempati maupun  kebahagiaan di alam akhirat nanti dan terbebas dari api neraka. Dalam doa itu terkandung semua tujuan hakiki dari kehidupan orang beriman.

Berikut lafaz doa sapu jagad yang termuat dalam Al-Quran Surah Al-Baqoroh ayat 201

وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Dan di antara mereka ada yang berdoa, “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.”

BACA JUGA:Ketahui! Adab dan Doa Bercermin dalam Islam

Orang beriman baik laki-laki maupun perempaun diperintahkan agar selalu mengulang-ulang membaca doa ini. Membacanya baik selepas melaksanakan salat fardhu atau salat sunnah, juga disaat ada acara-acara keagamaan maupun acara –acara sosial dan kemasyarakatan  lainnya.

Alasan agar doa ini dibaca berulang-ulang dan terus menerus tidak berhenti karena lafaznya pendek, sehingga mudah untuk dihafal, juga terdapat permintaan yang lengkap dari seorang hamba kepada Rob-Nya.

Melafazkan doa sapu jagad menurut tradisi islam, sebaiknya dimulai dengan membaca salawat dan puji-pujian kepada Allah. Bisa dengan berzikir menggunakan Asma ul Husna atau 99 nama-nama Allah. 

BACA JUGA:Doa Agar Terhindar Dari Sihir, Lengkap Dengan Bacaan Arab, Latin Beserta Artinya

Selain itu, membaca doa ini tidak boleh dilakukan disembarang tempat, sebagai mana adab-adab dalam berdoa.  Adab dalam berdoa antara lain suci dari hadast besar dan hadasrt kecil, menghadap kiblat, mengangkat kedua tangan ke langit, dibaca dengan suara yang pelan lagi lirih.

Dari arti doa atau ayat Al-quran dari kalimat yang dikenal dengan sebutan doa sapu jagad, bahwasanya kita memohon dan meminta kepada Allah SWT agar diberi kehagiaan hidup saat berada di dunia, serta kebahagiaan hidup saat berada di akhirat, sebagai alam kekal.

Selanjutnya dari doa itu juga kita memohon dan meminta kepada Allah agar dijauhkan dari api neraka. Bukankah kebahagiaan yang paling membahagiakan saat kita terhindar dari siksa api neraka dan dimasukkan ke dalam syurga. Rutin membaca doa ini hidup akan sukses, dikaruniakan keluarga yang sholeh, rukun bersama tetangga dan bahagia di dalam syurgaNya (Iaa)***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: