Kelapa Hijau, Bisa Atasi Diare, Cek Faktanya

Kelapa Hijau, Bisa Atasi Diare, Cek Faktanya

JAKARTA,RADARPENA-Kelapa hijau yang muda  sudah lama dikenal masyarakat sebagai obat mengatasi diare. Diare adalah peristiwa saat peces keluar dari anus, dalam keadaan encer bercampur air. Penyebab diare bermacam-macam. Salah satunya karena bakteri koli yang bersarang di bagian pencernaan. Walau secara medis belum diketahui secara pasti, air kelapa dapat mengatasi diare terlebih saat kondisinya sudah parah.

Cara memanfaatkan air Kelapa Hijau untuk mengatasi diare  diminum bersama kuning telur ayam kampung. Kuning telur itu dicampur ke dalam air kelapa, dan masih berada didalam tempurung. Kemudian diaduk-aduk sekitar 3 menit lalu dihangatkan diatas kompor.

Tapi sebelum menggunakan buah kelapa untuk mengatasi diare, kita sebaiknya terlebih dahulu memilih buah kelapa yang kandungan air cukup. Selain itu, buah kelapa diupayakan baru diambil dari pohon. Jika tidak mendapatkannya boleh menggunakan buah kelapa yang dijual di Pasar-pasar dengan catatan bukan yang sudah terlalu lama. Meski tidak ada argumentasi ilmiah dampak menggunakan buah kelapa yang lama, namun jika memakai kelapa yang baru dipetik, jelas akan lebih segar.

Cara menghangatkan air kelapa tidak perlu dipindahkan alias tetap dalam kelapa itu sendiri. Kulit kelapa juga tidak perlu dikupas. Selain itu, manfaat air kelapa juga bagus untuk  meningkatkan stamina. Orang yang sedang menderita diare, akan mengalami kondisi tubuh yang menurun dan lemas. Kondisi lemas terjadi karena efek dari cairan didalam tubuh yang berkurang.  Kuning telur bisa membantu mempercepat pemulihan stamina.

Dalam air kelapa terdapat cairan elektrolit yang berfungsi untuk  menetralkan bakteri jahat didalam tubuh. Secara alami elekrolit yang terdapat di dalam air kelapa bisa dideteksi dengan menggunakan indra pengecepan yakni lidah. Saat air kelapa diminum ujung lidah akan terasa seperti menciut. Cairan elektrolit itu bisa melumpuhkan bakteri yang menyerang pencernaan manusia. Sedangkan kuning telur, akan menjadi sumber tenaga sehingga stamina penderita kembali pulih.

Masyarakat saat menjadikan kelapa hijau sebagai obat diare, harus mengutamakan kejelian memilih buah kelapa. Kelapa hijau yang dimaksud adalah warna kulitnya memang berwarna hijau mencolok bukan berwarna lain misalnya  kuning. Dapat saja terjadi kelapa itu sesungguhnya merupakan kelapa kuning gading atau kelapa gading , tetapi karena masih muda sehingga warnanya hijau.

Buah kelapa merupakan buah yang dominan tumbuh di Pulau Tropis Indonesia. Buah ini semula berasal dari Amerika Selatan. Kawasan-kawasan Pantai Indonesia banyak ditumbuhi pohon-pohon kelapa yang memang cocok diantara permukaan laut.  (iaa)***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: