Kenali Beragam Manfaat dari Setiap Tetes Air Kelapa Tua yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Kenali Beragam Manfaat dari Setiap Tetes Air Kelapa Tua yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat air kelapa tua yang bagus untuk kesehatan dan menyembuhkan penyakit Foto : Disway --

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Air kelapa tua ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh. Aiaar kelapa tua biasanya kaya akan elekrolit, seperti kalium, magnesium, dan natrium. 

Elektrolit ini penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan mineral dalam tubuh, serta membantu mengatur fungsi otot dan saraf.

Selain itu, air kelapa tua juga mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan E, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

BACA JUGA:

Kandungan Nutrisi pada Air Kelapa

Satu cangkir air dengan berat 245 gram menyediakan nutrisi sebanyak: 

  • Kalori: 44 kkal. 
  • Lemak: 0 gram. 
  • Natrium: 64 miligram. 
  • Karbohidrat: 10.4 gram. 
  • Serat: 0 gram.
  • Gula: 9.6 gram.
  • Protein: 0,5 gram. 
  • Vitamin C: 24,3 miligram. 
  • Kalium atau potasium: 404 miligram. 

Kandungan nutrisi tersebut membuat air kelapa menjadi salah satu minuman sehat yang dapat kamu dan keluarga konsumsi secara moderat setiap harinya. 

Air kelapa tua dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan bahan campuran minuman atau makanan lainnya. Air kelapa tua juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan nata de coco, yaitu makanan olahan yang terbuat dari air kelapa tua yang difermentasi. 

Namun pada dasarnya, manfaat air kelapa muda maupun tua tidak jauh berbeda. Berikut beragam manfaat kelapa untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. 

Manfaat Air Kelapa Tua untuk Kesehatan

Meningkatkan kesehatan jantung

Menurut jurnal ilmiah berjudul The Effect of Coconut Water (Cocos nucifera L.) and An Isotonic Drink on The Change of Heart Rate Frequency in The Rats Induced Hypertension oleh Procedia Chemistry Journal, menyebutkan air kelapa bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Hipertensi dapat memicu penyakit jantung. Sedangkan, konsumsi minuman ini dapat mencegah tekanan darah tinggi dengan membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan. Selain itu juga, minuman sehat ini bisa memulihkan tekanan darah tinggi yang terjadi karena pola makan yang kaya akan fruktosa.  

Menurunkan tekanan darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: