Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Membunuh Sel Kanker

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Membunuh Sel Kanker

JAKARTA, RADARPENA -  Buah dengan nama latin Annoa Muricata yang kaya akan serat, kalsium, kalium, vitamin b, protein, nutrisi dan vitamin C ini biasanya dijadikan jus, campuran es buah, serta bisa dibuat menjadi olahan minuman lainnya yang menyegarkan.

Sirsak dengan cita rasa manis, sedikit asam tapi menyegarkan. Tidak hanya buahnya, ternyata daun sirsak mempunyai manfaat untuk kesehatan, karena mengandung antioksidan termasuk fitosterol, tanin, dan flavonoid.

Buah sirsak tak hanya daging buahnya saja yang bisa dikonsumsi, bisa juga kita olah dari batang, akar, dan daun yang bisa digunakan sebagai salah satu obat tradisional.       

BACA JUGA:Manfaat Air Zam Zam Dalam Dunia Medis

Daun sirsak juga mengandung senyawa acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, dan annonacin.

Kandungan senyawa tersebut dipercaya dapat memberikan manfaat baik untuk tubuh seperti meningkatkan imunitas dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Beberapa penelitian awal juga telah menunjukkan potensi sirsak dalam membantu melawan pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, kanker pankreas, dan kanker usus besar.

BACA JUGA:5 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mencegah Stroke

Berikut ini dilansir dari berbagai sumber manfaat sirsak untuk kesehatan :

1. Mampu menurunkan tekanan darah

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ini bisa bermanfaat bagi individu dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

2.  Dapat membunuh sel kanker

Dikutip dari Healthline.com, beberapa penelitian menemukan sirsak berpotensi menghilangkan sel kanker. Salah satu penelitian menemukan, reaksi sel kanker payudara terhadap ekstrak buah sirsak.

Dari hasil penelitian tersebut bahwa sirsak dapat membunuh sel kanker, bisa juga mengurangi ukuran tumor dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: