Kenali Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak

Kenali Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak

JAKARTA, RADARPENA -  Minyak ikan merupakan lemak atau minyak yang diekstrak dari jaringan ikan dan terkadang diproduksi dari bagian hati ikan. Bukan sembarang ikan, minyak ikan diperoleh dari ikan berlemak atau berminyak, seperti trout, kod, mackerel, tuna, herring, sarden, dan salmon.

Sekitar 30% kandungan minyak ikan terdiri dari asam lemak omega-3 dan 70% terdiri dari jenis lemak lain. Selain itu, minyak ikan juga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin D. Manfaat minyak untuk anak yang terbesar adalah kandungan asam lemak omega 3-nya.

Omega 3 bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh Si Kecil. Selain itu, kegunaan minyak ikan buat anak lainnya juga membantu pertumbuhan sel-sel organ anak, terutama otak, mata, dan sperma.

BACA JUGA:Kenali Manfaat Vitamin B1 Bagi Tubuh

Minyak ikan merupakan salah satu suplemen kesehatan yang sering diincar oleh para orang tua, untuk diberikan pada anak-anaknya. Diketahui, asam lemak omega-3 dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk otak, karena terlibat dalam banyak proses pembentukan otak secara fundamental. 

Kandungan dalam omega-3 mampu memengaruhi ekspresi gen, stres oksidatif, aliran darah, tingkat neurotransmitter, dan proses dalam otak lainnya seperti produksi neuron baru.

Meski asam lemak omega-3 paling banyak terdapat pada ikan, tetapi kandungan ini juga dapat ditemui pada beberapa jenis makanan lain, misalnya kacang-kacangan, telur, susu, serta susu kacang kedelai dan olahannya.

Sebenarnya, asupan omega-3 sudah tercukupi jika Si Kecil diberi makanan bergizi seimbang. Namun, untuk memastikan kebutuhan omega-3 Si Kecil terpenuhi, Bunda dapat memberikan suplemen minyak ikan untuk anak.

BACA JUGA:Kenali Fungsi Paracetamol, Salah Satunya Untuk Meredakan Demam

Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak 

1. Menyehatkan Tulang dan Mata 

Kandungan omega 3 dan vitamin D pada minyak ikan mampu memperkuat dan menjaga kepadatan tulang anak. Selain itu, kandungan DHA dan vitamin A efektif meningkatkan kesehatan mata anak.

2. Meningkatkan Perkembangan Otak Dan Kognitif.

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3, terutama DHA, yang penting untuk perkembangan otak dan kognitif anak. DHA membantu membangun struktur sel-sel saraf dalam otak dan membantu memperkuat koneksi antara sel-sel saraf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: