Kenali Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak

Kenali Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.

Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak serta membantu melindungi mereka dari penyakit dan infeksi.

BACA JUGA:Mentega Tawar, Kandungan dan Efeknya Bagi Kesehatan

4. Menurunkan Gangguan Tidur 

Manfaat minyak ikan lainnya yaitu dapat menurunkan masalah gangguan tidur pada anak. Gangguan tidur pada anak umumnya menyerang 4 persen dari anak-anak yang berusia di bawah 18 tahun. Bukti kurangnya asupan minyak ikan berkaitan dengan gangguan tidur anak terdokumentasi dalam sebuah penelitan yang melibatkan 395 anak dengan kadar omega 3 yang rendah. Mereka memiliki risiko gangguan tidur yang cenderung lebih tinggi daripada anak dengan asupan minyak ikan yang cukup.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Minyak ikan diketahui mampu memperlambat dan mencegah perkembangan gangguan psikotik. Minyak ini juga dianggap dapat membantu meringankan gejala gangguan psikologis bipolar pada remaja. Selain itu, manfaat minyak ikan terhadap kesehatan mental lainnya adalah meringankan gejala depresi dan cemas.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang Dan Gigi.

Minyak ikan mengandung vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi anak. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang sehat.

7. Membantu anak dengan ADHD.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa suplemen minyak ikan dapat membantu mengurangi gejala ADHD pada anak, seperti impulsivitas, hiperaktif, dan kurangnya perhatian.

8. Membantu Mengurangi Risiko Alergi

Beberapa penelitian menunjukkan, asupan omega-3 dapat membantu mengurangi risiko alergi, terutama pada anak-anak. Omega-3 memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi reaksi alergi yang terjadi pada tubuh. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi manfaat ini. Selain itu, penting untuk diketahui bahwa omega-3 sebaiknya tidak dijadikan pengganti pengobatan alergi yang sudah diresepkan oleh dokter.

9. Memelihara Kesehatan Kulit

Sebuah studi tahun 2018 yang dilakukan Tse-Hung Huang, peneliti dari Chang Gung Memorial Hospital at Keelung, Taiwan, dan tim menunjukkan kebaikan minyak ikan bagi kesehatan kulit secara umum. Studi ini menunjukkan kemampuan minyak ikan membantu menghambat peradangan (terutama dari sinar UV), membantu penyembuhan kulit dari luka, dan mempertahankan homeostasis. Para ilmuwan mempercayai manfaat tersebut dipicu oleh kandungan PUFA di minyak ikan, yang terdiri dari asam eicosapentaenoic (EPA) serta asam docosahexaenoic (DHA). Tubuh Si KEcil memasukkan asam lemak dari makan ke membran sel. Ketika membran sel sehat, maka sel mampu menahan air. Pada kulit Si Kecil, membran sel sehat ini menghasilkan sel yang lembut serta terhidrasi baik. Asam lemak omega-3 juga terdeteksi mampu mendukung mengurangi produksi senyawa inflamasi yang terkait erat dengan proses penuaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: