Simak Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid Secara Efektif Dan Alami Tanpa Meminum Obat

Simak Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid Secara Efektif Dan Alami Tanpa Meminum Obat

JAKARTA, RADARPENA -  Saat Haid pasti diantara kita sering merasakan kram dan nyeri pada bagian perut, hal ini menjadi salah satu permasalahan umum yang dihadapi oleh setiap wanita. Nyeri Haid yang parah seringkali dapat menghambat aktivitas sehari-hari menjadi tidak produktif.

Selama menstruasi, rahim akan berkontraksi sehingga membantu pengeluaran lapisan. Ada zat kimia prostaglandin yang membuat rasa sakit dan memicu kontraksi otot rahim. Jumlah prostaglandin yang tinggi bisa menyebabkan nyeri haid berlebih.

Oleh karena itu, redakan nyeri haid menjadi cara yang dicari setiap wanita untuk mengatasi kram dan nyeri yang dirasakan, cobalah untuk redakan nyeri haid dengan menggunakan bahan alami berikut ini, sehingga seorang wanita tidak harus minum obat.

Berikut ini merupakan cara yang efektif yang dapat digunakan untuk membantu meredakan nyeri haid secara alami, yaitu: 

BACA JUGA:Omeprazole Cair: Solusi Inovatif dalam Pengobatan Gangguan Lambung

1. Kompres perut yang sakit memakai air hangat 

Gunakan alat kompres untuk mengendurkan otot-otot rahim. Otot ini bisa menyebabkan kram menstruasi. Panas dalam kompresan bisa meningkatkan sirkulasi perut dan mengurangi rasa sakit. Mengutip Healthline.com, penelitian tahun 2004 menemukan kompres lebih efektif meredakan nyeri haid.

Penelitian ini juga menemukan kompresi air panas bisa mengubah suasana hati dan mengurangi kelelahan. Kompres memakai air panas bisa meningkatkan aliran darah, menurunkan ketegangan otot, dan mengurangi rasa nyeri. Anda bisa membuat kompres dari bantalan pemanas listrik, botol air panas, atau alat kompres. Alat tersebut juga efektif untuk meredakan kram perut di rumah.

2. Adas/dill

Gunakan adas atau daun dill sebanyak 1.000 mg setiap kali sesi dan gunakan selama lima hari, dimulai dari dua hari sebelum haid dimulai. Konsumsi daun dill menurut penelitian tahun 2014 menyebutkan dapat redakan nyeri haid karena memiliki tingkat efektif yang sama dengan obat dari kandungan asam mefenamatnya.

BACA JUGA:DEMAM BERDARAH: PENYAKIT SERIUS YANG MEMBUTUHKAN PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN SEGERA

3. Minyak esensial

Minyak esensial dengan berbagai macam aroma dapat digunakan untuk memijat lembut area nyeri haid atau dapat dihirup sehingga memberikan ketenangan. Penggunaan minyak esensial sebagai bahan alami untuk redakan nyeri haid karena kandungannya yang bersifat sebagai anti-inflamasi.

4. Rutin minum air putih 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: