Kaum Hawa Wajib Tahu! Ini Cara Jaga Area Kewanitaan saat Menstruasi untuk Cegah Infeksi

Kaum Hawa Wajib Tahu! Ini Cara Jaga Area Kewanitaan saat Menstruasi untuk Cegah Infeksi

Sambut Menstrual Hygiene Day 2024, Betadine dan Guardian Edukasi Wanita Indonesia Terkait Feminine Hygiene-Ayu Novita-Disway Grup

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Berdasarkan data dari Kantar Betadine Brand Health Tracking pada 2021-2023 menunjukkan 2 dari 3 wanita di Indonesia mengeluhkan gatal-gatal, lalu 3 dari 5 wanita di Indonesia mengalami keputihan, serta 1 dari 2 wanita mengeluhkan bau tak sedap di area kewanitaan.

Dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG, M.Kes, FICS menjelaskan gejala yang timbul, tidak boleh diabaikan karena bisa menjadi tanda awal iritasi yang, jika dibiarkan, dapat berkembang menjadi infeksi.

"Vagina yang sehat memiliki pH 3.5 - 4.5. pH yang lebih tinggi dapat mendukung pertumbuhan bakteri patogen dan mengganggu flora normal,” jelasnya dalam acara sambut Menstrual Hygiene Day 2024 pada Selasa, 28 Mei 2024.

Menurut dr. Dara, Ketidakseimbangan flora normal dan perubahan pH di area kewanitaan dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti rasa gatal, bau tidak sedap, dan keputihan.

BACA JUGA:

“Faktanya, saat menstruasi, 72% wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi vagina saat menstruasi karena darah haid bersifat basa dan dapat meningkatkan pH vagina,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, penting bagi para wanita untuk memiliki kebiasaan menjaga kebersihan area kewanitaan setiap hari, terutama saat menstruasi.

“Menstruasi memiliki pengaruh besar terhadap stabilitas ekosistem vagina. Saat mengalami gejala awal iritasi, penggunaan produk antiseptik juga disarankan. Antiseptik yang baik sebaiknya mengandung Povidone Iodine, karena memiliki spektrum luas, mampu mengembalikan keseimbangan pH, dan dengan cepat memulihkan flora normal, sehingga efektif mengatasi infeksi di area kewanitaan,” ungkap dr. Dara.

Selain itu, Head of Marketing PT Mundipharma Healthcare Indonesia, Anastasia Damayanti menjelaskan dalam rangka memperingati Menstrual Hygiene Day 2024, Betadine bermitra dengan Guardian untuk memberikan edukasi.

“Pentingnya kebersihan kewanitaan, terutama saat Red Days, melalui produk Betadine Feminine Hygiene dengan Povidone Iodine 10% yang dikenal sebagai #BotolUngu,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Pharmacy Practice & Central Operation Manager of Guardian Indonesia, Apt. Sondang Simamora, S.S menyampaikan bahwa pihaknya bersama Betadine berkomitmen memberikan kontribusi untuk kesehatan wanita Indonesia secara menyeluruh.

“Dengan berkembangnya gaya hidup, kami mengobservasi kebutuhan akan produk perawatan area kewanitaan meningkat dari tahun ke tahun. Sehingga kami berupaya untuk menyediakan produk-produk berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan kesehatan wanita, salah satunya Betadine.

Dalam upaya meningkatkan kebersihan dan kesehatan area kewanitaan, Betadine dan Guardian memberikan promo khusus untuk pembelian produk Betadine dari tanggal 16 Mei - 19 Juni 2024. Promo ini berlaku di seluruh gerai Guardian.

(Ayu Novita).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: