Simak Cara Memasang Gas Yang Aman Dan Benar Agar Tidak Mendesis Saat Dipasang

Simak Cara Memasang Gas Yang Aman Dan Benar Agar Tidak Mendesis Saat Dipasang

JAKARTA, RADARPENA -  Gas Elpiji saat ini masih jadi sumber energi yang banyak digunakan di rumah tangga. Penggunaannya bermacam-macam, tapi paling banyak dipakai untuk menyalakan kompor gas dan juga pemanas air gas.

Menggunakan gas LPG tidak terlepas dari penggunaan regulator gas dan selang gas. Proses cara pemasangan gas elpiji perlu dilakukan secara berhati-hati, tahapan pemasangan penting supaya gas LPG tidak mendesis dan berbau. Sebelum melakukan pemasangan. Ada baiknya kita perlu memeriksa terlebih dahulu tabung dan komponen lainnya. 

Gunakan komponen standar Standar Nasional Indonesia (NSI). Contohnya seperti memilih regulator dan selang yang berlabel SNI. Karena komponen yang berstandar SNI dapat mengalirkan gas tanpa adanya kendala. Selain itu penggunaan gas lebih awet dan aman. 

Meski begitu, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara memasang gas dengan benar.  Tak sedikit pula yang memasangnya secara asal-asalan. 

BACA JUGA:Tips Mengatasi Tabung Gas yang Mendesis Saat Dipasang Regulator

Tentu hal itu sangat membahayakan diri dan juga keluarga. Padahal, cara memasang gas sebenarnya cukup mudah, lho. Bagi kamu yang takut memasang gas elpiji, sebaiknya kamu mengikuti cara berikut agar aman.

Agar kamu merasa aman saat ingin menggunakan gas di rumah, berikut cara memasang gas dengan benar satu per satu.

1. Membuka Segel dan Rubber Seal 

Cara pertama memasang gas elpiji yaitu membuka segel. Setelah itu pasang rubber seal atau pelindung karet. Rubber seal adalah cincin merah yang ukurannya kecil. Pasang rubber seal dengan hati-hati dan perlahan. 

2. Kenali Kunci Regulator yang Digunakan

Sebenarnya, ada beragam model kunci regulator gas. Salah satunya adalah regulator dengan kunci menghadap ke bawah saat sebelum dikunci. Model inilah yang paling banyak digunakan.

3. Posisikan Regulator 

Tahap selanjutnya adalah memposisikan regulator dengan benar dan menguncinya. Posisikan tegak lurus regulator ke tabung. Tujuannya untuk mencegah kebocoran di tabung gas. Pastikan regulator terpasang kuat supaya aliran gas mengalir. Setelah itu kunci regulator berwarna hitam. Putar searah 180 derajat ke kanan. Kemudian kencangkan supaya regulator tidak berbunyi atau bergoyang.

4. Pastikan Tidak Ada Bunyi Mendesis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: