Tips Cara Mengatasi Overthinking, Agar Hidup Lebih Bahagia

Tips Cara Mengatasi Overthinking, Agar Hidup Lebih Bahagia

1. Melatih Otak

“Saat otak 'beristirahat', bagian yang tetap berfungsi adalah area pemecahan masalah dan area yang terkait dengan pemikiran referensi diri. Jadi, ketika dibiarkan sendiri, otak akan berpikir berlebihan,” jelas Dattilo. Jika terjadi hal tersebut, itu berarti kamu harus melatih otak untuk melakukan sebaliknya. Terutama ketika overthinking pada waktu-waktu tertentu, seperti sebelum tidur.

2. Mengelola Suasana hati

Terakhir, kamu sebaiknya mampu mengelola stres. Lakukanlah hal-hal yang membuat kamu senang sehingga lupa untuk overthinking.

BACA JUGA:6 Tips Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad SAW, Simak Penjelasannya

3. Lakukan Brain Dump

Membuat jurnal adalah cara yang berguna untuk meluapkan pikiran. “Membuat daftar atau rencana lebih berorientasi pada tindakan, dan itu juga bisa sedikit menenangkan otak kita yang sedang merenung,” kata Dattilo. Kamu dapat melakukannya di mana saja, dari selembar kertas hingga aplikasi catatan di ponsel pun bisa.

4. Menikmati Alam

Di mana pun kamu berada, udara segar dapat memberikan banyak manfaat bagi pikiran. Jika kamu bisa keluar menelusuri alam secara lebih dalam, itu lebih baik lagi. Sebuah studi menunjukkan, berjalan kaki selama setidaknya 90 menit di lingkungan yang menyatu dengan alam dapat menurunkan kecenderungan seseorang untuk merenung.

5. Kelola Pikiran

Otak terus-menerus dipenuhi oleh beragam pikiran. “Tetapi berpikir adalah jalan dua arah. Meskipun otak mungkin menawarkan banyak saran, pada akhirnya terserah kita untuk memutuskan apa yang akan kita terima,” jelas Dattilo.

BACA JUGA:Bumil Wajib Tau, Tips Menjaga Kesehatan Ibu Serta Janin Dalam Kandungan Agar Sehat Sampai Melahirkan

Nah, itu tadi adalah sebagian tips untuk mengatasi overthinking yang terjadi pada dirimu, dan ada baiknya kita harus mengolah pikiran dengan positif agar tidak terlalu cemas dan stress.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: