Bahaya! Overthinking Dapat Membunuh Jika Terlalu Sering Dilakukan

Bahaya! Overthinking Dapat Membunuh Jika Terlalu Sering Dilakukan

Ilustrasi overthinking.--unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Overthinking merupakan suatu perilaku untuk memikirkan segala sesuatu secara berlebihan. Hal ini bisa dipicu oleh adanya kekhawatiran akan suatu hal, mulai dari masalah sepele dalam kehidupan sehari-hari, masalah besar, hingga trauma di masa lalu, yang membuat kamu tidak bisa berhenti memikirkannya. 

Orang-orang yang overthinking merasa kebiasaan tersebut merupakan sebuah sikap berhati-hati sebelum mengambil keputusan dan lebih membantu mereka memahami situasi dari berbagai sudut pandang. Padahal, kebiasaan ini tidak baik dan sering kali memberikan dampak buruk bagi kesehatan

Namun, apa pun penyebabnya, terlalu memikirkan persoalan hidup memang bisa menyebabkan stres dan kecemasan. Berikut ini alasan dampak seseorang mengalami Overthinking bagi kesehatan, diantaranya:

Menurunkan performa kerja

Overthinking bisa membuatmu menjadi sulit untuk berkonsentrasi, tidak fokus dalam memecahkan masalah, bahkan kesulitan berkomunikasi dengan orang lain. Akhirnya, pikiranmu menjadi kalut dan performa kerja pun bisa menurun. 

BACA JUGA:

Tekanan Darah Tinggi

Jika Anda terus-menerus berpikir berlebihan, hal itu akan mencuri ketenangan pikiranmu. Ini dapat mengundang stres yang selanjutnya dapat meningkatkan tekanan darahmu dan membuatmu rentan terhadap masalah jantung, seperti stroke atau serangan jantung. Stres dengan tingkat yang tinggi, berarti kadar kolesterol juga tinggi. Anda mungkin juga akan melakukan kebiasaan tidak sehat, seperti merokok dan konsumsi alkohol yang dapat merusak kesehatanmu secara keseluruhan.

Memengaruhi Kinerja Otak

Salah satu organ tubuh yang paling berdampak akibat overthinking dan stres, yaitu otak. Stres cenderung berdampak pada kesehatan otak. Kortisol bisa merusak dan membunuh sel-sel otak pada hipokampus. Overthinking yang kronis dapat mengubah fungsi otak dengan mengubah struktur dan konektivitasnya. Stres kronis bisa menyebabkan masalah mental, seperti gangguan kecemasan dan gangguan mood. 

Mencegah Berpikir Positif dan Produktif

Overthinking hanya akan menjauhkan kamu dari melakukan hal-hal produktif. Pasalnya, pikiran berlebihan akan membawa pada kemungkinan-kemungkinan terburuk. Sehingga kamu tidak akan melakukan aksi ataupun tindakan dengan solusi. Anda malah hanya memikirkan kegagalan, kesedihan, kecurigaan jika sesuatu ini tidak akan berhasil dan malah memikirkan rencana selanjutnya. Mempersiapkan beberapa rencana adalah tindakan bagus. Namun, bila terlalu fokus pada rencana B dan C tapi belum mencoba rencana A, itu hanya akan membuat anda jalan di tempat.

Fungsi Jantung Terganggu

Overthinking dan khawatir berlebihan bisa membahayakan kesehatan kardiovaskular. Sakit dada, takikardia, pusing, merupakan beberapa masalah yang bisa muncul akibat overthinking. Faktor risiko seperti depresi, penyalahgunaan zat dan kesulitan tidur yang berkaitan dengan kekhawatiran kronis juga bisa memperparah masalah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: