Kenali Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Kenali Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Tubuh

JAKARTA, RADARPENA - Kunyit dikenal sebagai jamu tradisional dengan beragam khasiat, jika biasanya Kunyit berwarna kuning, namun ada juga lho ternyata Kunyit yang berwarna putih.

Bahkan khasiat dari kunyit putih ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. kunyit putih juga dikenal sebagai Zedoary (Curcuma zedoaria). Sejarah menjelaskan bahwa kunyit putih adalah ramuan kuno yang sangat terkenal dengan manfaat kesehatannya.

Jika kunyit kuning biasa menjadi jamu atau bumbu masak, kunyit putih merupakan jenis tanaman yang akar, minyak, dan daunnya digunakan untuk membuat bahan obat-obatan.

Baunya berbeda dengan jahe, sebab cenderung seperti mangga, kunyit putih juga dikenal sebagai Kunyit Amba. Biasanya ditemukan dalam bentuk bubuk di pasaran, namun juga bisa didapatkan dalam bentuk kering dan diiris.

BACA JUGA:Mengulik Manfaat Air Mawar, Bisa Membuat Awet Muda Loh

Kulit kunyit putih tipis berwarna coklat jingga cerah, bagian dalamnya keras dengan rasa agak pahit. Tanaman ini asli dari negara India, Pakistan, dan Indonesia tetapi juga dibudidayakan di Eropa. Orang Arab memperkenalkan kunyit ini di pasar Eropa.

Berdasarkan riset tahun 2009 dalam Journal of Pharmacy and Pharmacology, kandungan pada kunyit putih meliputi senyawa kimia seperti kurkuminoid, minyak atsiri, astringensia, flavonoid, sulfur, gum, resin, tepung, dan sedikit lemak. 

Selain itu, kunyit putih juga mengandung alkaloid, phenol, saponin, glikosida, steroid, terpenoid, dan kandungan lain yang dinilai dapat digunakan sebagai antimikroba, antifungal, antikanker, antialergi, antioksidan, dan analgesik.

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Virgin Olive Oil bagi Kesehatan

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai manfaat kunyit putih untuk kesehatan. 

1. Mencegah Diabetes 

Senyawa kurkumin dalam kunyit putih dapat membantu mencegah diabetes melalui sifat anti-inflamasi dan antioksidannya, berdasarkan penelitian dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Kunyit putih dapat meredakan banyak faktor penyebab diabetes, termasuk resistensi insulin, gula darah tinggi, dan hiperlipidemia (istilah medis untuk menggambarkan peningkatan kadar lemak dalam darah).

2. Melawan Radikal Bebas 

Senyawa kurkumin dalam kunyit putih khususnya, mampu melawan berbagai jenis radikal bebas, mengontrol enzim yang menetralisir radikal bebas, dan mencegah enzim tertentu menciptakan jenis radikal bebas tertentu, menurut ulasan jurnal Foods edisi Oktober 2017. Radikal bebas adalah senyawa yang dapat membahayakan jika kadarnya menjadi terlalu tinggi dalam tubuh Anda. Itu terkait dengan berbagai penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: