Yuk Cari Tahu Negara Tujuan Ekspor, Provinsi Bengkulu

Yuk Cari Tahu Negara Tujuan Ekspor, Provinsi Bengkulu

JAKARTA, RADARPENA - Provinsi Bengkulu setiap bulan rutin melakukan ekspor ke luar negeri. Sesuai data dari Badan Pusat Statistik negera tujuan ekspor Provinsi Bengkulu antara lain negara-negara ASEAN, Uni Eropa , India dan Tiongkok.

Komoditas  ekspor asal Bengkulu antara lain Batubara, Cangkang Sawit, Karet, Lintah dan paket Pos. Ada empat Pelabuhan di Indonesia yang sering dipergunakan sebagai Pelabuhan ekspor, Yakni Pelabuhan Pulau Baai di Bengkulu, Pelabuhan Teluk Bayur di Padang Sumatera Barat, Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Pelabuhan Boom Baru di Sumatera Selatan.

Bulan Mei  2023 lalu, Total ekspor Bengkulu ke negara tujuan  mencapai nilai 34,88 Juta US Dollar. Dari catatan BPS angka ekspor ini naik dibanding  nilai ekspor bulan April yang tercatat sebesar 32,60 juta US Dollar. BPS menyatakan data baru update sampai Mei 2023 , karena untuk Juni masih dalam proses.

BACA JUGA:Pemerintah Resmi Cabut Status Pandemi Covid-19, Jokowi: Kita Masuk Masa Endemi

Menariknya ekspor Bengkulu ini menunjukkan pertumbuhan realisasi, sebab jika posisi Mei 2023 dibandingkan posisi Mei 2022 juga mengalami peningkatan sebesar 12,39 persen yang tercatat pada Mei 2022 sebesar 31,04 Juta US Dollar.

Penggunaan Pelabuhan Lokal yakni Dermaga Pulau Baii tetap mendominasi untuk  kegiatan ekspor. Tercatat ekspor via Pelabuhan ini sebesar 31,19 juta US Dollar atau setara 89,24 persen dari total ekspor bulan Mei. Besarnya realisasi ekspor via Pelabuhan Pulau menunjukkan indikasi jik Pelabuhan ini sudah berfungsi baik dan eksportir lokal sudah memberi kepercayaan untuk  mengapalkan barang via Pelabuhan Pulau Baai di Bengkulu. Sisanya sekitar 10,76 persen melewati pelabuhan lian (teluk bayur, tanjung priok, Boom baru).

 Ekspor dari  Bengkulu ini , jika dilihat dari Komoditas pada Bulan Mei 2023 adalah  Batubara sebesar 30,12 Juta US Dollar atau setara (86,33 Persen). Cangkang Sawit sebesar  3,51 Juta US Dollar ( 10,05 persen). Karet sebesar 1,22 JUta US Dollar atau (3,50 persen). Lintah sebesar 0,00 Juta US Dollar atau (0,02 persen). dan Komoditas lainnya  sebesar 0,001 juta US Dollar atau (0,003 persen).

BACA JUGA:Pemerintah Kota Bekasi Ubah Nama Jl. Baru Underpas Menjadi Jl. H. Nonon Sonthanie

Dominasi Batubara yang besar adalah sangat wajar, karena wilayah Provinsi Bengkulu merupakan penghasil Batubara yang cukup banyak  di Indonesia. selain itu kualitas Batubara Bengkulu cukup baik dengan tingkat Kalori atau Panas bisa diatas 4000 kalori. Daya Panas yang cukup tinggi ini bisa dipakai untuk  kebutuhan Importir di negara masing-masing. Beberapa kabupaten penghasil Batubara asal Bengkulu seperti Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Bengkulu Utara (iaa)***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: