Makanan Khas Yogyakarta dengan Cita Rasa Unik Wajib Dicoba

Makanan Khas Yogyakarta dengan Cita Rasa Unik Wajib Dicoba

JAKARTA, RADARPENA - Yogyakarta, sering disebut juga Jogja, sebuah kota di Pulau Jawa, Indonesia. Kota ini merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia dan menawarkan kombinasi antara kekayaan budaya, sejarah, seni, dan keindahan alam.

Jogja merupakan kota yang kaya akan warisan budaya, seni, musik, tari dan tradisi kerajaan. Keraton Jogja adalah salah satu tujuan wisata yang masih berfungsi hingga sekarang.

Yogyakarta adalah kota pelajar karena memiliki banyak perguruan tinggi ternama, termasuk Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Indonesia (UII), dan Institut Seni Indonesia (ISI). Kehadiran mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri memberikan suasana yang dinamis dan kosmopolitan di Jogja.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Jogja juga terkenal dengan makanan khasnya. Gudeg, bakpia, sate klathak, dan wedang ronde hanya beberapa contoh dari kelezatan kuliner yang bisa dinikmati di Jogja.

BACA JUGA:Resep Ikan Bakar Padang Yang Menggugah Selera Makanmu, Simak Yuk Cara Buatnya!

Berikut adalah beberapa makanan khas Jogja yang terkenal:

1. Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan gula merah, santan, dan rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, tahu, dan sambal goreng krecek.

Gudeg ini terasa semakin nikmat saat disajikan bersama nasi hangat, krecek, telur, dan ayam kampung dalam satu piring yang sama. Anda bisa menikmati Gudeg Jogja yang terkenal dari Gudeg Yu Djum dengan harga mulai dari Rp25.000,00 satu porsinya.

2. Nasi Kucing

Nasi Kucing adalah makanan khas Jogja yang terdiri dari nasi kecil yang disajikan dengan berbagai lauk kecil seperti tempe, tahu, sambal, dan telur. Biasanya dimakan dalam porsi kecil dan bisa dinikmati sepanjang hari.

BACA JUGA:Resep Ayam Goreng Mentega yang Enak dan Gurih, Yuk Simak!

Jika Anda ingin menikmati hidangan khas jogja ini cukup datang ke angkringan yang tersebar luas di sekitaran Jogja. Harganya pun sangat murah karena hanya Rp2.000,00 satu porsinya dan tentu belum cukup kenyang bila hanya membeli satu.

3. Angkringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: