Idul Adha 2023 : Jadwal Pelaksanaan Puasa Tarwiyah Dan Arafah, Serta Niat Dan Keutamaan Puasa

Idul Adha 2023 : Jadwal Pelaksanaan Puasa Tarwiyah Dan Arafah, Serta Niat Dan Keutamaan Puasa

JAKARTA, RADARPENA -  Muslim perlu mengetahui jadwal puasa tarwiyah dan arafah sesuai aturan dalam Islam sebelum menunaikan ibadah puasa sunnah jelang Hari Raya Idul Adha.

Dikutip dari Nahdlatul Ulama (NU), puasa tarwiyah adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada 8 Dzulhijah, sementara puasa arafah adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada 9 Dzulhijah.

Sementara Hari Raya Idul Adha jatuh pada 10 Dzulhijah. Artinya, puasa tarwiyah dikerjakan dua hari sebelum Idul Adha dan puasa arafah dikerjakan sehari sebelum Idul Adha. Pada tahun ini, pemerintah sudah menetapkan peringatan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah pada Kamis, 29 Juni 2023.

Keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil dan Reformasi Birokrasi Nomor 327 Tahun 2023, Nomor 1 Tahun 2023, dan Nomor 1 Tahun 2023.

BACA JUGA:Bacaan Niat Doa Puasa Idul Adha Lengkap Arab dan Latin dan Keutamaannya

Puasa Tarwiyah dan Arafah merupakan contoh ibadah sunah yang kerap dikerjakan umat Islam selama Zulhijah. Ini karena, dalam sebuah hadis dari Ibnu Abbas, Rasulullah mengatakan bahwa Allah SWT mencintai amalan yang diperbuat di 10 hari pertama Zulhijah.

"Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal saleh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Zulhijah)." Para sahabat bertanya, "Tidak pula jihad di jalan Allah?" Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, "Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satu pun." (HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968, sahih menurut Al-Albani).

Niat puasa Tarwiyah dan Arafah dapat dilafalkan dalam hati serta diucapkan secara lisan. Waktu niat dimulai sejak terbenamnya matahari sampai terbit fajar. 

BACA JUGA:Penting! Bacaan Niat Puasa 1 Dzulhijjah 1444 Serta Jadwal Pelaksanaannya

Karena kedua puasa ini tergolong sunnah, maka jika lupa niat pada malam hari diperbolehkan melafalkannya di siang hari sebelum tergelincirnya matahari. Dengan catatan, belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

Adapun niat puasa Tarwiyah dan Arafah adalah sebagai berikut.

Niat Puasa Tarwiyah (8 Dzulhijah)

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى   

Arab-latin: Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillâhi ta‘âlâ.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: