Honda Akan Merilis Motor Listrik Pertama EM1 Akhir Tahun 2023

Honda Akan Merilis Motor Listrik Pertama EM1 Akhir Tahun 2023

JAKARTA, RADARPENA - Honda dalam waktu dekat akan meluncurkan motor listrik pertama secara global. Honda menawarkan motor listrik EM1 e: yang dirancang untuk perjalanan dan belanja, pada 24 Agustus 2023.
Honda akan membuat kendaraan EM1 untuk pasar domestik. motor listrik EM1 e: akan masuk kategori sama dengan sepeda motor 50cc di bawah Undang-Undang Lalu Lintas Jalan.

Secara global, Honda berencana untuk memperkenalkan 10 atau lebih model sepeda motor listrik pada tahun 2025 dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan motor listrik menjadi 3,5 juta unit, setara dengan sekitar 15% dari total penjualan unit, pada tahun 2030.

Motor listrik EM1 ini dapat menempuh jarak hingga 53 kilometer dengan sekali pengisian daya penuh. Pengisian daya dapat disuplai melalui soket listrik di rumah ke baterai EM1 e: yang dapat dilepas menggunakan pengisi daya khusus.

"Honda akan meluncurkan EM1 e: skuter listrik yang dilengkapi dengan Honda Mobile Power Pack e: baterai yang dapat ditukar di Jepang, Eropa, dan Indonesia sebelum akhir tahun 2023," diambil dari situs resmi Honda, Jumat (28 April 2023).

BACA JUGA:Bank Mandiri Genjot Kepemilikan Kendaraan Listrik Melalui Kopra dan Livin’

“Satu baterai yang habis membutuhkan waktu enam jam untuk terisi penuh kembali,” keterangan Honda saat peluncuran motor listrik EM1 e: di Minato Ward Tokyo pada 19 Mei 2023.

Motor listrik EM1 e: dibanderol dengan harga 299.200 yen atau USD2.100 (Rp31,5 juta) termasuk pajak. Honda menargetkan menjual sebanyak 3.000 unit per tahun.

Tiga kendaraan listrik lainnya dengan penjualan terbatas untuk pengguna korporat untuk penggunaan bisnis seperti pengiriman juga akan tersedia untuk pengguna individu mulai Juni. Ketiga motor listrik itu, adalah Benly e:, sepeda motor rak; Gyro e:, skuter roda tiga; dan Gyro Canopy e:, model tertutup.

BACA JUGA:Motor Listrik Pabrikan Benelli Motor, Hadir di Indonesia Harga di Bawah Rp20 Juta

Semua dijual dengan harga 649.000 yen (Rp68,4 juta) hingga 1,001 juta yen (Rp100 juta), setelah pajak. Produksi motor listrik ini merupakan tanggapan atas tren dekarbonisasi global.

Honda EM1 di Indonesia

Honda EM1 e sudah pernah diperkenalkan di Indonesia International Motor Show 2023. Harga motor tersebut juga pernah ditanyakan Presiden Joko Widodo, dan dijawab PT Astra Honda Motor dengan harga di atas Rp 25 juta.

Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya mengatakan bakal merilis dua motor listrik tahun ini yang dirakit secara lokal. Artinya selain Honda EM1 e, motor apalagi yang bakal dikeluarkan Honda?

BACA JUGA:Virtual Reality, Pengertian dan Fungsinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: